Tuesday, December 29, 2015

Objects And Its Nature SD PPT

Benda Dan Sifatnya SD PPT


mata pelajaran IPA untuk materi tentang benda dan sifatnya, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Nur Anisatul hikmah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Kelas/Semester            : III/ 1

Topik/Tema                 : Benda dan sifatnya

Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

 

A.    Standar Kompetensi

Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda, dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

B.     Kompetensi Dasar

1.1 menyajikan informasi tentang benda dan sifatnya

C.    Indikator

1.1.1        Mengidentifikasi sifat-sifat benda dengan baik dan benar

1.1.2        Mendeskripsikan perubahan sifat benda

1.1.3        Membedakan sifat benda berdasarkan wujudnya

1.1.4        Menjelaskan perubahan sifat benda

1.1.5        Menjelaskan kegunaan benda dalam kehidupan sehari-hari

D.     Tujuan Pembelajaran

Setelah adanya pembelajaran tentang Perpindahan Energi Listrik, siswa diharapkan :

1.      Mampu mengidentifikasi sifat-sifat benda dengan baik dan benar

2.      Mampu mendeskripsikan perubahan sifat benda

3.      Mampu membedakan sifat benda berdasarkan wujudnya

4.      Mampu menjelaskan perubahan sifat benda

5.      Mampu menjelaskan kegunaan benda dalam kehidupan sehari-hari

E.     Materi Pembelajaran

Meliputi :

-          Sifat benda

-          Perubahan sifat benda

-          Kegunaan benda

F.     Model dan Metode Pembelajaran

§  Model Pembelajaran

Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif dan student center

§  Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang akan digunakan yaitu:

1.      Metode ceramah

2.      Metode tanya jawab

3.      Metode Praktik

4.      Metode inkuiri

5.      Metode cardshot

 

G.    Langkah-langkah pembelajaran

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Keteangan

Kegiatan Awal

a.    Siswa menjawab salam dari guru bersama-sama.

b.   Siswa bersama-sama dengan guru berdo’a.

c.    Siswa mendapatkan motivasi dari guru

d.   Guru menyampaikan judul materi yang akan dipelajari pada saat itu yaitu tentang “benda dan sifatnya”

e.    Guru memberikan apersepsi berupa pertanyaan-pertanyaan mengenai materi benda dan sifatnya.

f.    Guru menyampaikan model dan teknik pembelajaranyang akan diimplementasikan pada pembelajaran IPA materi tentang benda dan sifatnya. Guru dalam pembelajaran menggunakan metode inkuiri terbimbing

g.   Guru membagikan kartu kepada siswa secara acak. Kartu yang dibagikan ada 3 macam, yaitu kartu bnda padat, kartu benda cair dan benda gas.

h.   Siswa menerima kartu dalam keadaan terbalik.

i.     Siswa membuka kartu secara bersama-sama setelah diberi intruksi kepada siswa.

15 menit

§ Metode ceramah

§ Metode tanya jawab

§ Metode cardshort

Kegiatan Inti

a.    Siswa duduk sesuai dengan kelompok masing-masing.

b.   Setiap kelompok akan mempraktikkan media yang telah disediakan oleh guru yang meliputi : cirri-ciri benda padat, cair dan gas dan macam-macam juga sifatnya

c.    Penggunaan media pembelajaran secara bergantian antar kelompok, dimana penempatan media yang pertama disesuaikan dengan namakelompoknya

d.   Pertukaran media pembelajaran dilakukan oleh guru. Ketika siswa sedang melaksanakan praktik, guru pendamping kelompok berperan sebagai fasillitator.

e.    Setelah semua kelompok telah mempraktikkan ketiga media yang telah disedikan , salah satu siswa sebagai perwakilan kelompok mempresentasikan hasil praktik yang telah dilaksanakan oleh kelompoknya di depan kelas.

f.    Setelah presentasi, lembar laporan praktik dikumpulkan kepada guru yang membimbing jalannya presentasi.

g.   Guru mengulas hasil praktik siswa sekaligus menyampaikan materi tentang benda dan sifatnya dengan melakukan dialog interaktif kepada siswa.

48 menit

§  Metode Praktik

§  Metode inkuiri

§  Metode tanya jawab

Kegiatan Penutup

a.    Siswa besama-sama dengan guru menyimpulkan materi  pembelajaran tentang benda dan sifatnya.

b.   Guru menyampaiakan materi yang akan dipelajari untuk pertemuan berikutnya.

c.    Siswa bersama-sama guru mengucapkan hamdalah.

d.   Siswa menjawab salam penutup dari guru.

7 menit

§  Metode tanya jawab

§  Metode ceramah

 

H.    Media Pembelajaran dan Sumber Belajar

§  Media Pembelajaran

1.      Batu

2.      kayu

3.      sendok

4.      balon

5.      air

6.      botol

§  Sumber Belajar

1.      Buku paket Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III untuk SD/MI karangan Aprilia Afifatur Achyar, CV Thursina

2.      Buku paket Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III untuk SD/MI karangan Chairul Amin, PT Sekawan Cipta Karya

I.       Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi

Jenis Penilaian

Bentuk Penilaian

Contoh Instrumen

1.      Mengidentifikasi sifat-sifat benda dengan baik dan benar

2.      Mampu mendeskripsikan perubahan sifat benda

3.      Menyebutkan dan mendiskripsikan macam-macam rangkaian listrik.

4.      Mampu menjelaskan kegunaan benda dalam kehidupan sehari-hari

 

Tes tertulis

Tes objektif

1.      Apakah perbedaan sifat dari benda padat, cair, dan gas ?

2.      Berikanlah contoh perubahan wujud benda dari padat ke gas akibat dibiarkan di udara terbuka!

3.      Mengapa kita dapat menulis di atas kertas ?

 

                                                                                    Kudus, 16 Desember 2015

                 Mengetahui,

Kepala Madrasah                                                        Guru Kelas

 

 

Miftachurrohmah, S.Pd., M.Sc.                                      Nur Anisatul Hikmah

 

No comments:

Post a Comment