Benda Dan Sifatnya SD PPT
mata pelajaran IPA untuk materi tentang benda dan sifatnya, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Nur Anisatul hikmah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA)
Kelas/Semester : III/ 1
Topik/Tema : Benda dan sifatnya
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda,
dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
B.
Kompetensi Dasar
1.1 menyajikan
informasi tentang benda dan sifatnya
C.
Indikator
1.1.1
Mengidentifikasi
sifat-sifat benda dengan baik dan benar
1.1.2
Mendeskripsikan
perubahan sifat benda
1.1.3
Membedakan
sifat benda berdasarkan wujudnya
1.1.4
Menjelaskan perubahan
sifat benda
1.1.5
Menjelaskan
kegunaan benda dalam kehidupan sehari-hari
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah adanya
pembelajaran tentang Perpindahan Energi Listrik, siswa diharapkan :
1.
Mampu mengidentifikasi
sifat-sifat benda dengan baik dan benar
2.
Mampu mendeskripsikan
perubahan sifat benda
3.
Mampu membedakan
sifat benda berdasarkan wujudnya
4.
Mampu menjelaskan
perubahan sifat benda
5.
Mampu menjelaskan
kegunaan benda dalam kehidupan sehari-hari
E.
Materi Pembelajaran
Meliputi :
-
Sifat
benda
-
Perubahan
sifat benda
-
Kegunaan
benda
F.
Model dan Metode Pembelajaran
§ Model Pembelajaran
Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran
kooperatif dan student center
§ Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang akan digunakan yaitu:
1.
Metode
ceramah
2.
Metode
tanya jawab
3.
Metode
Praktik
4.
Metode
inkuiri
5.
Metode
cardshot
G. Langkah-langkah pembelajaran
Tahapan |
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Keteangan |
Kegiatan Awal |
a.
Siswa
menjawab salam dari guru bersama-sama. b.
Siswa
bersama-sama dengan guru berdo’a. c.
Siswa
mendapatkan motivasi dari guru d.
Guru
menyampaikan judul materi yang akan dipelajari pada saat itu yaitu tentang
“benda dan sifatnya” e.
Guru
memberikan apersepsi berupa pertanyaan-pertanyaan mengenai materi benda dan
sifatnya. f.
Guru
menyampaikan model dan teknik pembelajaranyang akan diimplementasikan pada
pembelajaran IPA materi tentang benda dan sifatnya. Guru dalam pembelajaran
menggunakan metode inkuiri terbimbing g.
Guru
membagikan kartu kepada siswa secara acak. Kartu yang dibagikan ada 3 macam,
yaitu kartu bnda padat, kartu benda cair dan benda gas. h.
Siswa
menerima kartu dalam keadaan terbalik. i.
Siswa membuka
kartu secara bersama-sama setelah diberi intruksi kepada siswa. |
15 menit |
§ Metode ceramah § Metode tanya jawab § Metode cardshort |
Kegiatan Inti |
a.
Siswa duduk
sesuai dengan kelompok masing-masing. b.
Setiap
kelompok akan mempraktikkan media yang telah disediakan oleh guru yang
meliputi : cirri-ciri benda padat, cair dan gas dan macam-macam juga sifatnya
c.
Penggunaan
media pembelajaran secara bergantian antar kelompok, dimana penempatan media
yang pertama disesuaikan dengan namakelompoknya d.
Pertukaran
media pembelajaran dilakukan oleh guru. Ketika siswa sedang melaksanakan
praktik, guru pendamping kelompok berperan sebagai fasillitator. e.
Setelah semua
kelompok telah mempraktikkan ketiga media yang telah disedikan , salah satu
siswa sebagai perwakilan kelompok mempresentasikan hasil praktik yang telah
dilaksanakan oleh kelompoknya di depan kelas. f.
Setelah
presentasi, lembar laporan praktik dikumpulkan kepada guru yang membimbing
jalannya presentasi. g.
Guru mengulas
hasil praktik siswa sekaligus menyampaikan materi tentang benda dan sifatnya
dengan melakukan dialog interaktif kepada siswa. |
48 menit |
§ Metode Praktik § Metode inkuiri § Metode tanya jawab |
Kegiatan Penutup |
a.
Siswa
besama-sama dengan guru menyimpulkan materi
pembelajaran tentang benda dan sifatnya. b.
Guru
menyampaiakan materi yang akan dipelajari untuk pertemuan berikutnya. c.
Siswa
bersama-sama guru mengucapkan hamdalah. d.
Siswa
menjawab salam penutup dari guru. |
7 menit |
§ Metode tanya jawab § Metode ceramah |
H.
Media Pembelajaran dan Sumber Belajar
§ Media Pembelajaran
1.
Batu
2.
kayu
3.
sendok
4.
balon
5.
air
6.
botol
§ Sumber Belajar
1.
Buku
paket Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III untuk SD/MI karangan Aprilia Afifatur
Achyar, CV Thursina
2.
Buku
paket Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III untuk SD/MI karangan Chairul Amin, PT
Sekawan Cipta Karya
I.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Jenis
Penilaian |
Bentuk
Penilaian |
Contoh
Instrumen |
1.
Mengidentifikasi
sifat-sifat benda dengan baik dan benar 2.
Mampu
mendeskripsikan perubahan sifat benda 3.
Menyebutkan
dan mendiskripsikan macam-macam rangkaian listrik. 4.
Mampu
menjelaskan kegunaan benda dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tertulis |
Tes objektif |
1.
Apakah
perbedaan sifat dari benda padat, cair, dan gas ? 2.
Berikanlah
contoh perubahan wujud benda dari padat ke gas akibat dibiarkan di udara
terbuka! 3.
Mengapa kita
dapat menulis di atas kertas ? |
Kudus,
16 Desember 2015
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Kelas
Miftachurrohmah, S.Pd., M.Sc. Nur
Anisatul Hikmah
No comments:
Post a Comment