Monday, December 28, 2015

Benda-benda Langit dan Tata Surya SD PPT

Benda-benda Langit dan Tata Surya SD PPT


mata pelajaran IPA untuk materi tentang Benda-benda Langit dan Tata Surya, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Mustafid Zharfa



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Madrasah          : MI Tholabul Ilmi

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam

Materi                          : Tata Surya dan Perubahan Kenampakan Bumi

Kelas/Semester            : IV/2

Alokasi waktu             : 2x35 menit

  1. Standar Kompetensi

1.      Memahami matahari sebagai Pusat Tata surya, interaksi bumi dalam tata surya, dan perubahan penampakan pada bumi.

  1. Kompetensi Dasar

1.      Mendeskripsikan sistem tata surya, posisi penyusun tata surya, dan perubahan kenampakan pada bumi.

  1. Indikator

1.      Mengetahui tentang tata surya

2.      Menyebutkan benda-benda langit yang terdapat dalam tata surya

3.      Mengidentifikasi macam-macam planet dalam tata surya

4.      Mengidentifikasi asteroid, satelit, komet, dan meteor

5.      Mengetahui terjadinya siang dan malam

 

  1. Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa mengetahui tentang tata surya

2.      Siswa dapat menyebutkan benda-benda langit yang terdapat dalam tata surya

3.      Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam planet dalam tata surya

4.      Siswa mampu mengidentifikasi asteroid, satelit, komet, dan meteor

5.      Siswa mengetahui perubahan siang dan malam.

  1. Metode Pembelajaran

Ceramah, Tanya jawab, Games

  1. Media Pembelajaran

Laptop, Kartu

  1. Sumber Pembelajaran

Power Point, Buku Paket kelas 4, LKS kelas 4

  1. Langkah Pembelajaran

1.      Pendahuluan

a.       Guru mengucapkan salam

b.      Guru mengkondisikan kelas menjadi kondusif

c.       Guru mengatur tata letak tempat duduk dengan later U

d.      Guru mengabsen kehadiran siswa

e.       Guru memberi pengantar tentang materi yang akan dipelajari dan model pembelajaran kooperatif make a match yang akan dilakukan diakhir pelajaran sebagai evaluasi.

2.      Inti

a.       siswa memperhatikan materi yang ditayangkan dengan menggunakan power point

b.      Siswa diajak untuk menggambar planet dengan runtut

c.       Siswa antusias menyaksikan gambar yang ada

d.      Guru memberi selingan pertanyaan bagi siswa

e.       Siswa bernyanyi bersama dengan melihat video yang ada di power point

3.      Penutup

a.       Siswa memulai memperagakan model pembelajaran make a match

b.      Siswa berdiri ke tengah kelas

c.       Siswa menerima kartu yang dibagikan oleh guru

d.      Siswa menyiapkan kartu dan tidak membukanya sampai ada instruksi

e.       Siswa mencari pasangan jawaban isi kartu yang telah dibuka setelah ada aba-aba

f.       Siswa bergandengan dengan pasangannya dan duduk bersebelahan

g.      Siswa antusias saat guru mengoreksi antar pasangan

h.      Siswa yang belum mendapatkan pasangan hingga waktu berakhir mendapat hukuman sesuai kesepakatan

i.        Guru menyimpulkan materi yang telah berlangsung dari awal hingga akhir

j.        Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya materi yang belum dipahami

k.      Guru memberi PR di LKS

l.        Guru menyuruh berdoa dan member salam penutup

  1. Penilaian

1.      Keaktifan siswa di kelas (tanya jawab dan permainan)

2.      Hasil pengerjaan PR di LKS

Kudus, 10 Desember 2015

Mengetahui

Kepala MI Tholabul Ilmi                                                        Guru IPA Kelas 4

 

…………………..                                                                  Mustafid Zharfa

No comments:

Post a Comment