Benda-benda Langit dan Tata Surya SD PPT
Oleh : Mustafid Zharfa
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Madrasah : MI Tholabul Ilmi
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Materi : Tata Surya dan
Perubahan Kenampakan Bumi
Kelas/Semester : IV/2
Alokasi
waktu : 2x35 menit
- Standar
Kompetensi
1. Memahami
matahari sebagai Pusat Tata surya, interaksi bumi dalam tata surya, dan
perubahan penampakan pada bumi.
- Kompetensi
Dasar
1. Mendeskripsikan
sistem tata surya, posisi penyusun tata surya, dan perubahan kenampakan pada
bumi.
- Indikator
1. Mengetahui
tentang tata surya
2. Menyebutkan
benda-benda langit yang terdapat dalam tata surya
3. Mengidentifikasi
macam-macam planet dalam tata surya
4. Mengidentifikasi
asteroid, satelit, komet, dan meteor
5. Mengetahui
terjadinya siang dan malam
- Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
mengetahui tentang tata surya
2. Siswa
dapat menyebutkan benda-benda langit yang terdapat dalam tata surya
3. Siswa
dapat mengidentifikasi macam-macam planet dalam tata surya
4. Siswa
mampu mengidentifikasi asteroid, satelit, komet, dan meteor
5. Siswa
mengetahui perubahan siang dan malam.
- Metode
Pembelajaran
Ceramah,
Tanya jawab, Games
- Media
Pembelajaran
Laptop,
Kartu
- Sumber
Pembelajaran
Power
Point, Buku Paket kelas 4, LKS kelas 4
- Langkah
Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru
mengucapkan salam
b. Guru
mengkondisikan kelas menjadi kondusif
c. Guru
mengatur tata letak tempat duduk dengan later U
d. Guru
mengabsen kehadiran siswa
e. Guru
memberi pengantar tentang materi yang akan dipelajari dan model pembelajaran
kooperatif make a match yang akan dilakukan diakhir pelajaran sebagai
evaluasi.
2. Inti
a. siswa
memperhatikan materi yang ditayangkan dengan menggunakan power point
b. Siswa
diajak untuk menggambar planet dengan runtut
c. Siswa
antusias menyaksikan gambar yang ada
d. Guru
memberi selingan pertanyaan bagi siswa
e. Siswa
bernyanyi bersama dengan melihat video yang ada di power point
3. Penutup
a. Siswa
memulai memperagakan model pembelajaran make a match
b. Siswa
berdiri ke tengah kelas
c. Siswa
menerima kartu yang dibagikan oleh guru
d. Siswa
menyiapkan kartu dan tidak membukanya sampai ada instruksi
e. Siswa
mencari pasangan jawaban isi kartu yang telah dibuka setelah ada aba-aba
f. Siswa
bergandengan dengan pasangannya dan duduk bersebelahan
g. Siswa
antusias saat guru mengoreksi antar pasangan
h. Siswa
yang belum mendapatkan pasangan hingga waktu berakhir mendapat hukuman sesuai
kesepakatan
i.
Guru menyimpulkan
materi yang telah berlangsung dari awal hingga akhir
j.
Guru memberi
kesempatan siswa untuk bertanya materi yang belum dipahami
k. Guru
memberi PR di LKS
l.
Guru menyuruh
berdoa dan member salam penutup
- Penilaian
1. Keaktifan
siswa di kelas (tanya jawab dan permainan)
2. Hasil
pengerjaan PR di LKS
Kudus,
10 Desember 2015
Mengetahui
Kepala
MI Tholabul Ilmi Guru
IPA Kelas 4
………………….. Mustafid
Zharfa
No comments:
Post a Comment