Bentuk Energi SD PPT
mata pelajaran IPA untuk materi tentang bentuk energi, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Khoirul Anisah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Satuan Pendidikan : Madrasah
Ibtidaiyah
Materi Pokok : Bentuk
Energi dan Penggunanya
Kelas / Semester : IV
/ 1
Waktu : 2 x 35 Menit ( 1 x pertemuan )
Hari / Tanggal : Rabu, 16 Desember 2015
I. A. Standar
Kompetensi
Ø Memahami
berbagai bentuk energy dan penggunaannya pada kehidupan sehari-hari
B.
Kompetensi
Dasar
Ø Menyimpulkan
hasil pengamatan bahwa energy dapat berubah sesuai fungsinya.
C.
Indikator
1. Melalui
demonstrasi siswa mampu menjelaskan berbagai bentuk energy.
2. Mengidentifikasi
tentang berbagai bentuk energy serta penggunaannya sehari-hari.
3. Dapat
membedakan berbagai bentuk energy.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Meningkatkan
pemahaman siswa tentang berbagai bentuk energi melalui penerapan metode
demostrasi.
2. Meningkatkan
pemahaman Siswa dalam menjelaskan hal – hal yang mempengaruhi perubahan energy
dan manfaatnya dalam kehidupan sehari – hari melalui penerapan metode
demonstrasi.
II. Materi Pelajaran
A.
Pokok
– pokok Materi
Ø Bentuk Energi
Macam – macam bentuk
energi
1. Energy
panas
2. Energy
kimia
3. Energy
listrik
4. Energy
bunyi
5. Energy
nuklir
6. Energy
mekanik
B.
Metode
- Demonstrasi
- Tanya
jawab
- Game
- Ceramah
C.
Sumber
Belajar
1. Power
point
2. Buku
paket kelas IV
3. LKS
kelas IV
D.
Media
/ Alat Peraga
1. Laptop
2. Kartu
bergambar
III.
Langkah
– langkah Pembelajaran
A.
Pra
Kegiatan Belajar Mengajar ( Pra-KBM )
1. Guru
mengucapkan salam dan memimpin do’a
2. Guru
mengabsen siswa
3. Guru
mengatur tata letak tempat duduk dengan later U
4. Menyiapkan
buku pelajaran
5. Menyiapkan
Lembar Kerja ( LK )
6. Menyiapkan
lembar tes formatif
B.
Kegiatan
Awal ( 10 menit )
1. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran agar siswa dapat menyebutkan tentang berbagai
contoh bentuk energi
2. Guru
melakukan apresiasi melalui tanya jawab kepada siswa
-
Coba sebutkan
macam – macam bentuk energi !
-
Bagaimana manfaat
energy untuk kehidupan sehari-hari !
-
Apa sumber
energy yang paling besar di bumi ini ?
3. Guru
memberi pengantar tentang model pembelajaran kooperatif make a match
yang akan dilakukan diakhir pelajaran.
C.
Kegiatan
Inti ( 45 menit )
1. Dengan
alat peraga guru mendemostrasikan berbagai bentuk energy dan penggunaannya
sehari-hari.
2. Siswa
memperhatikan materi yang ditayangkan dengan menggunakakan power point
3. Siswa
antusias melihat contoh gambar bentuk energy dengan gambar kertas
4. Siswa
memulai memperagakan model pembelajaran make a macth
5. Siswa
berdiri di depan tempat duduk masing-masing
6. Siswa
menerima kartu yang dibagikan guru
7. Siswa
mendapatkan kartu dan tidak membukanya sampai ada instruksi
8. Siswa
mencari pasangan jawaban isi kartu yang telah dibuka setelah ada aba-aba
9. Siswa
bergandengan dengan pasangannya dan duduk bersebelahan
10. Siswa
antusias saat guru mengoreksi antar pasangan
11. Siswa
yang belum mendapatkan pasangan hingga waktu berakhir mendapat hukuman sesuai
kesepakatan
D.
Kegiatan
Akhir ( 15 Menit )
1. Guru
menyimpulkan materi yang telah berlangsung dari awal hingga akhir
2. Guru
memberi kesempatan siswa untuk bertanya materi yang belum dipahami
3. Guru
memberi tes formatif
E.
Tindak
Lanjut
1. Guru
mengadakan perbaikan terhadap siswa yang memperoleh nilai kurang dari standar
kreteria ketuntasan minimal ( KKM ) yaitu 7,5
2. Guru
memberikan pengayaan kepada siswa yang memeperoleh 7,5 keatas.
III.
Penilaian
A.
Prosedur
Penilaian
1. Tes
awal ( dilaksanakan pada kegiatan apersepsi )
2. Tes
dalam proses ( dilaksanakan pada permainan make and macth )
3. Tes
akhir ( dilaksanakan pada pengerjaan tes formatif )
B.
Jenis
Penilaian
1. Tes
lisan ( untuk tes awal dan tes dalam proses )
2. Tes
tertulis ( untuk tes akhir )
C. Bentuk
Penilaian
- Objektifitas
tes ( untuk tes formatif )
D. Alat
Penilaian
1. Lembar
Kerja
2. Lembar
tes formatif
3. Kunci
Jawaban
4. Kriteria
Penilaian
Jepara,
16 Desember 2015
Mengetahui
Kepala
MI Mazro’atul ‘ulum Guru
Kelas
Endang
Widyaswati Khoirul
Anisah
1310310099
No comments:
Post a Comment