mata pelajaran IPA untuk materi tentang lingkungan sehat dan tidak, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Durrotun Nasikhah
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Madrasah : MI NU Matholiul Huda
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester :
I (Satu)/ I (Satu)
A. Standar Kompetensi :
2. Mengenal cara memelihara lingkungan
agar tetap sehat
B.
Kompetensi Dasar :
2.2 Membedakan lingkungan sehat dengan
lingkungan tidak sehat
C. Indikator :
2.2.1 Mengetahui
ciri-ciri lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat.
2.2.2 Menunjukkan
lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat melalui gambar.
2.2.3 Mempraktekkan
cara menjaga lingkungan yang bersih dan sehat dilingkungan sekitarnya.
D. Tujuan
Pembelajaran
:
1. Siswa mampu mengetahui
ciri-ciri lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
2.
Siswa mampu
menunjukkan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat melalui gambar.
3.
Siswa mampu
mempraktekkan cara menjaga lingkungan yang bersih dan sehat dilingkungan
sekitarnya.
E. Materi
Pembelajaran
:
Lingkungan sehat dan lingkungan
tidak sehat
F. Metode
Pembelajaran
:
Ø Ceramah
Ø Tanya
jawab
Ø Penugasan
G. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan |
Uraian Kegiatan |
waktu |
Keterangan |
Kegiatan
awal |
Apersepsi
· Guru
menyampaikan salam pembuka dan berdo’a bersama. · Guru
menanyakan kabar peserta didik. · Guru menjelaskan tujuan pembelajaran sesuai dengan
kompetensi dasarnya. · Guru
menggali pengetahuan awal siswa tentang lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat dengan
mengajukan pertanyaan seperti ”anak-anak, menurut kalian kelas kita ini
bersih atau kotor? kenapa? kalau bersih itu sehat apa tidak? kalau kotor?”
atau menanyakan berbagai pertanyaan lain yang membuat siswa tertarik untuk
mempelajari tentang lingkungan
yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat. |
10 menit |
Metode
Ceramah |
Kegiatan
inti |
Eksplorasi
(5 menit ) · Guru
memberikan pertanyaan lanjutan sehingga mendorong siswa untuk bekerjasama
tanpa instruksi langsung · Guru
mengamati dan mendengarkan pendapat siswa ketika berinteraksi dengan
temannya. Elaborasi (40 menit) · Mendorong
siswa untuk membuat definisi mengenai lingkungan yang sehat dan lingkungan
yang tidak sehat. · Guru
menunjukkan gambar tentang lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak
sehat. · Guru
menanyakan kepada siswa mana gambar lingkungan yang sehat dan lingkungan yang
tidak sehat. · Guru
mengajak siswa melihat lingkungan dalam ruang kelasnya. · Guru
menanyakan kepada siswa apakah lingkungan dalam kelasnya termasuk lingkungan
yang sehat atau lingkungan yang tidak sehat. · Guru
mengajak siswa untuk mempraktekkan cara menjaga lingkungan kelasnya dengan
cara menyuruh siswa mengambil sampah yang ada disekitar bangku masing-masing Konfirmasi
(5 menit) · Guru
menjelaskan kepada siswa tentang lingkungan yang sehat dan lingkungan yang
tidak sehat beserta ciri-cirinya. · Guru
menjelaskan manfaat menjaga lingkungan |
50 menit |
Metode demonstrasi,
Metode Kooperatif, Metode Praktik
|
Kegiatan
penutup |
· Guru
mengadakan tanya jawab dengan siswa mengenai materi yang yang telah
dijelaskan · Guru
mengajak siswa untuk selalu menjaga lingkungan yang ada disekitarnya. · Guru
memberikan pekerjaan rumah yang ada di buku paket halaman 5 sampai 6 · Guru
menutup pelajaran dengan membaca hamdalah dan berdo’a bersama. |
10 menit |
Metode Tanya
Jawab |
H. Sumber :
·
Buku paket IPA kelas 1
·
Gambar lingkungan yang sehat dan
lingkungan yang tidak sehat
I. Media :
ü
ü
J.
Penilaian hasil belajar :
Indikator |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/Soal |
1. Mengetahui ciri-ciri lingkungan sehat dengan lingkungan
tidak sehat |
Tugas individu |
Lisan dan tulis |
1. Sebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dengan lingkungan
tidak sehat |
2.
Menunjukkan lingkungan sehat
dengan lingkungan tidak sehat melalui gambar |
~//~ |
~//~ |
2. Dari gambar ini,manakah yang termasuk
lingkungan sehat dan lingkungan yang tidak sehat |
3. Mempraktekkan cara menjaga lingkungan yang bersih dan
sehat dilingkungan sekitarnya |
~//~ |
~//~ |
3. Anak-anak, bersihkah kelas
kita? Apa kelas kita bisa dikatakan kelas yang bersih dan sehat? Agar kelas
kita menjadi lingkungan yang bersih dan sehat, maka mari kita membuang sampah
pada tempatnya. |
Format
kriteria penilaian
Lembar
Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performance |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
||
Pengetahuan |
Praktek |
Sikap |
|||||
1. 2. 3. Dst. |
·
Nilai = (Jumlah skor :
jumlah skor maksimal) X 100.
·
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran IPA
Miftahurrohmah, S.Pd, M.Sc Durrotun Nasikhah
NIP : NIM
: 1310310114
No comments:
Post a Comment