Wujud Benda Dan Perubahannya SD PPT
mata pelajaran IPA untuk materi tentang wujud benda dan perubahannya, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Yuni Triana Ulfa
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah : MI
Triana Ulfa Demak
Mata Pelajaran : IPA (
Ilmu Pengtahuan Alam)
Kelas/Semester : II/1
Materi :
Benda Dapat Berubah
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
v Standart
Kompetensi
1.
Memahami wujud benda yang ada disekitar.
2.
Memahami perubahan benda yang ada disekitar.
3.
Memahami kegunaan benda yang ada disekitar.
v Kompetensi Dasar
1.
Mengidentifikasi wujud benda berdasarkan macamnya.
2.
Mengidentifikasi ciri-ciri benda berdasarkan macamnya.
3.
Mengidentifikasi perubahan benda.
4.
Mengidentifikasi kegunaan benda yang ada disekitar.
v Indikator
Pembelajaran
1.
Siswa mampu mendefinisikan wujud benda dengan bahasa yang dipahami.
2.
Siswa mampu menyebutkan wujud benda.
3.
Siswa mampu
mengidentifikasi ciri-ciri benda dengan bahasa yang dipahami.
4.
Siswa mampu menjelaskan perubahan benda.
5.
Siswa mampu mengidentifikasi kegunaan benda yang ada
disekitar.
v Tujuan
Pembelajaran
1.
Menjelaskan wujud benda
2.
Menjelaskan ciri-ciri benda
3.
Menjelaskan perubahan benda
4.
Menjelaskan kegunaan benda yang ada disekitar
v Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Inkuiri
4.
Demonstrasi
v Media
Pembelajaran
1.
White Board
2.
Spidol
3.
LCD Proyektor
v Sumber
Pembelajaran
1.
Buku Paket IPA SD/MI Kelas 2 Sri Purwati
2.
Buku LKS kelas 2
v Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a.
Siswa menjawab salam dari guru
b.
Ketua kelas memimpin untuk berdoa bersama
c.
Siswa mengabsen kehadiran teman kelas
d.
Guru memberi apresepsi materi berupa soal yang ada di
slide
2.
Kegiatan Inti
a.
Guru menjelaskan wujud benda dengan memperlihatkan
gambar menggunakan slide.
b.
Siswa disuruh untuk menemukan jawaban wujud benda dari
dalam gambar.
c.
Guru menampilkan contoh wujud benda menggunakan slide.
d.
Guru menampilkan gambar yang ada dislide
e.
Siswa melakukan percobaan tentang ciri-ciri
bendadengan petuntuk dari slide yang ditampilkan.
f.
Siswa disuruh untuk menemukan jawaban atas percobaan
yang dilakukan.
g.
Guru menjelaskan ciri-ciri benda menggunakan slide.
h.
Guru menjelaskan
perubahan pada benda padat menggunakan slide.
i.
Guru menjelaskan
perubahan pada benda cair menggunakan slide.
j.
Guru menjelaskan kegunaan benda yang ada disekitar
rumah.
k.
Guru menjelaskan kegunaan benda yang ada disekolah
menggunakan slide.
3.
Kegiatan Akhir
a.
Siwa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi wujud
benda dan ciri-ciri dan kegunaan benda.
b.
Siswa bertanya dengan materi yang belum dipahaminya
c.
Guru memberi soal latihan kepada siswa
d.
Siswa dan guru bersama-sama mengoreksi latihan yang dikerjakan siswa
e.
Siswa menutup pelajaran dengan berdoa.
Demak, 14 Desember 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah MI Triana Ulfa Demak Wali
Kelas 2 MI Triana Ulfa
Miftahurrohmah, S.Pd, M.Sc Yuni
Triana Ulfa
No comments:
Post a Comment