Organ Tubuh Manusia Dan Hewan SD PPT
mata pelajaran IPA untuk materi tentang organ tubuh manusia dan hewan, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Zahra Rizqya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah : MI Al-Ishlah Jepara
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : V/1
Alokasi waktu : 2x35 menit
- Standar Kompetensi
1.
Mengidentifikasi organ tubuh manusia dan hewan
- Kompetensi Dasar
1.
Mengidentifikasikan organ pernapasan tubuh manusia dan
sistem pencernaan manusia.
2.
Mengidentifikasi organ pernapasan hewan seperti ikan,
cacing.
- Indikator
1.
Menjelaskan alat pernapasan pada manusia.
2.
Menjelaskan proses pernapasan pada manusia.
3.
Menjelaskan sistem pencernaan manusia,penyakit yang di seabkan dan
pencegahan.
4.
Menjelaskan sistem peredaran darah manusia, penyakit dan cara
pencegahan.
5.
Menjelaskan sistem pernapasan pada hewan dengan alat pernapasan trakea.
6.
Menjelaskan sistem pernapasan pada hewan dengan alat pernapasan kulit.
7.
Menjelaskan sistem pernapasan pada hewan dengan alat pernapasan insang.
8.
Menjelaskan sistem pernapasan paru-paru dan kantong udara.
- Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan bagian alat pernapasan
pada manusia dan hewan.
- Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab, Games
- Media Pembelajaran
Laptop, Kartu
- Sumber Pembelajaran
Power Point, Buku Paket kelas 5, LKS kelas 5
- Langkah Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Guru
mengkondisikan kelas menjadi kondusif
b.
Guru mengatur tata letak tempat duduk dengan later
U
c.
Guru
mengucapkan salam
d.
Guru mengabsen kehadiran siswa
e.
Guru memberi
pengantar tentang materi yang akan dipelajari dan model pembelajaran kooperatif
make a match yang akan dilakukan diakhir pelajaran
2.
Inti
a.
siswa memperhatikan materi yang ditayangkan dengan
menggunakan power point
b.
Siswa memulai memperagakan model pembelajaran make a
match
c.
Siswa berdiri
ke tengah kelas
d.
Siswa menerima kartu yang dibagikan oleh guru
e.
Siswa
menyiapkan kartu dan tidak membukanya sampai ada instruksi
f.
Siswa mencari
pasangan jawaban isi kartu yang telah dibuka setelah ada aba-aba
g.
Siswa bergandengan dengan pasangannya dan duduk
bersebelahan
h.
Siswa antusias saat guru mengoreksi antar pasangan
i.
Siswa yang
belum mendapatkan pasangan hingga waktu berakhir mendapat hukuman.
3.
Penutup
a.
Guru
menyimpulkan materi yang telah berlangsung dari awal hingga akhir
b.
Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya materi
yang belum dipahami
c.
Guru memberi PR
di LKS
- Penilaian
1.
Keaktifan siswa di kelas (tanya jawab dan permainan)
2.
Hasil pengerjaan PR di LKS
Kudus, 10 Desember 2015
Mengetahui
Kepala MI Al-Ishlah Guru
IPA Kelas 5
………………….. …………………
No comments:
Post a Comment