Gaya Dapat Merubah Gerak Benda Maupun Bentuk Benda SD PPT
Mata pelajaran IPA untuk materi tentang gaya dapat merubah gerak maupun benda, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Siti Musbikhatus Sa'adah
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah : MI Al-Mukmin
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester : IV/II
Materi : Gaya
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
1. Memahami Gaya,
gaya dapat mengubah gerak dan atau bentuk benda
2. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan dan memahami tentang gaya
dan macam-macam, gaya dapat mengubah gerak atau bentuk benda.
3. Indikator Pembelajaran
1.1 Menjelaskan pengertian tentang gaya dan
macam-macam gaya.
1.2 Menjelaskan gaya dapat mengubah gerak benda: gaya
dapat mengubah benda diam menjadi
bergerak dan gaya dapat mempengaruhi benda
bergerak berubah
arah.
1.3 Menjelaskan gaya dapat mengubah bentuk benda.
4. Tujuan Pembelajaran
1.1 siswa dapat memahami gaya dan macam-macam gaya
1.4 siswa dapat memahami gaya dapat mengubah
gerak benda: gaya dapat mengubah benda diam menjadi bergerak dan gaya dapat
mempengaruhi benda bergerak
berubah arah.
1.2 Siswa dapat memahami tentang gaya dapat
mengubah bentuk benda.
5. Metode Pembelajaran
Metode Ceramah, Metode
Demonstrasi, Metode Active Learning yaitu bowling kampus, Metode
Tanya Jawab.
6. Media Pembelajaran
Bola,
meja, telur, sepeda, dan batu.
7. Sumber Pembelajaran
1.
Buku
Paket IPA SD/MI Kelas IV
pengarang
Ikhwan dan Wahyudi penerbit BSE
8. Langkah-langkah Pembelajaran
No. |
Tahapan
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1. |
Kegiatan
Awal |
a. Guru mengucapkan salam. b. Guru mengkondisikan suasana kelas
menjadi kondusif. c. Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari. d. Guru memberikan pertanyaan dan
mengarahkan siswa untuk mengerti apa yang akan dipelajari. |
10
menit |
Ceramah Tanya
Jawab |
2. |
Kegiatan
Inti |
a. Guru menjelaskan tentang pengertian gaya. b. Guru menunjukkan bahwa gaya berasal
dari tarikan atau dorongan dengan cara
mendorong meja
menuju tempat yang lain. c. Guru menjelaskan tentang macam-macam gaya yaitu gaya pegas, gaya gesek, gaya
gravitasi, gaya listrik. d. Guru meminta 2 orang siswa untuk maju ke depan dan mempraktikkan contoh
gaya pegas, gaya gesek, gaya gravitasi, gaya listrik. e. Guru menjelaskan tentang gaya mengubah
gerak benda yaitu gaya mengubah gerak benda diam menjadi bergerak dan gaya
mempengaruhi gerak benda dan
menjelaskan tentang gaya mengubah bentuk benda. f. Guru mengajak siswa keluar kelas untuk mempraktikkan gaya mengubah gerak
benda yaitu gaya mengubah gerak benda diam menjadi begerak dan gaya
mempengaruhi gerak benda dan gaya mengubah bentuk benda. g. Guru menunjuk 2 siswa untuk mendorong sepeda yang asalnya diam dan kemudian
meminta siswa untuk mengayun spedalnya untuk membuktikan gaya dapat mengubah
benda diam menjadi bergerak. h. Setelah melakukan percobaan gaya gaya
mengubah benda diam menjadi bergerak, guru meminta perwakilan dari 2 siswa yang lain untuk
membuktikan gaya dapat mempengaruhi gerak benda dengan menggunakan bola. i.
Guru
menunjuk 1 siswa untk mempraktikkan gaya mengubah bentuk benda dengan memukul telur
menggunakan batu. j.
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan setiap
kelompok terdiri dari 3-4 orang. k. Guru membagikan kartu pada
tiap kelompok yang berisi nama kelompok. Misal: kelompok 1 mendapat nama Upin
dan Ipin. Kartu ini digunakan saat para kelompok akan menjawab pertanyaan
dari guru yaitu dengan mengangkat kartu. Dan jika satu kelomok tidak bisa
menjawab bisa dilempar ke kelompok lain. l.
Guru menjelaskan langkah-langkah permainan, dan aturan permainannya. m. Guru mengajukan beberapa
pertanyaan yang kemudian tiap kelompok berebut cepat-cepat menjawab dengan
mengangkat kartu. |
50
menit |
Ceramah Demonstrasi Tanya
Jawab Active learning tipe bowling kampus |
3. |
Kegiatan
Akhir |
a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi
yang telah dipelajari. b. Guru memberikan kesempatan siswa untuk
bertanya tentang materi gaya dapat
mengubah gerak dan atau bentuk benda. c. Guru menutup pembelajaran
dengan bacaan hamdalah dan salam.
|
10
menit |
Ceramah
|
9. Penilaian Hasil Belajar
1. Keaktifan siswa dalam pembelajaran
(tanya jawab).
2. Keaktifan siswa dalam permainan bowling kampus.
Mengetahui Kudus,
10 Desember
2015
Kepala Madrasah MI Al-Mukmin Guru IPA Kelas
IV
.................................................... (Siti Musbikhatus S.)
No comments:
Post a Comment