Tuesday, December 29, 2015

Styles Can Change Movement Or Objects Forms SD PPT

Gaya Dapat Merubah Gerak Benda Maupun Bentuk Benda SD PPT


Mata pelajaran IPA untuk materi tentang gaya dapat merubah gerak maupun benda, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Siti Musbikhatus Sa'adah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Madrasah          : MI Al-Mukmin

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Kelas / Semester          : IV/II

Materi                          : Gaya

Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

 

A.    Standar Kompetensi

1.       Memahami Gaya, gaya dapat mengubah gerak dan atau bentuk benda

2.      Kompetensi Dasar

1.1  Menjelaskan dan memahami tentang gaya dan macam-macam, gaya dapat mengubah gerak atau bentuk benda.

3.      Indikator Pembelajaran

1.1  Menjelaskan pengertian tentang gaya dan macam-macam gaya.

1.2  Menjelaskan gaya dapat mengubah gerak benda: gaya dapat mengubah  benda diam menjadi bergerak dan gaya dapat mempengaruhi benda bergerak berubah arah.

1.3  Menjelaskan gaya dapat mengubah bentuk benda.

4.      Tujuan Pembelajaran

1.1  siswa dapat memahami gaya dan macam-macam gaya

1.4  siswa dapat memahami gaya dapat mengubah gerak benda: gaya dapat mengubah  benda diam menjadi bergerak dan gaya dapat mempengaruhi benda bergerak berubah arah.

1.2  Siswa dapat memahami tentang gaya dapat mengubah bentuk benda.

5.      Metode Pembelajaran

Metode Ceramah, Metode Demonstrasi, Metode Active Learning yaitu bowling kampus, Metode Tanya Jawab.

6.      Media Pembelajaran

Bola, meja, telur, sepeda, dan batu.

7.      Sumber Pembelajaran

1.      Buku Paket IPA SD/MI Kelas IV  pengarang Ikhwan dan Wahyudi penerbit BSE

 

 

8.      Langkah-langkah Pembelajaran

No.

Tahapan

Kegiatan

Waktu

Metode

1.       

Kegiatan Awal

a.       Guru mengucapkan salam.

b.      Guru mengkondisikan suasana kelas menjadi kondusif.

c.       Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.

d.      Guru memberikan pertanyaan dan mengarahkan siswa untuk mengerti apa yang akan dipelajari.

10 menit

Ceramah

Tanya Jawab

2.       

Kegiatan Inti

a.       Guru menjelaskan tentang pengertian gaya.

b.      Guru menunjukkan bahwa gaya berasal dari tarikan atau dorongan dengan cara mendorong meja  menuju tempat yang lain.

c.       Guru menjelaskan tentang macam-macam gaya yaitu gaya pegas, gaya gesek, gaya gravitasi, gaya listrik.

d.      Guru meminta 2 orang siswa untuk maju ke depan dan mempraktikkan contoh gaya pegas, gaya gesek, gaya gravitasi, gaya listrik.

e.       Guru menjelaskan tentang gaya mengubah gerak benda yaitu gaya mengubah gerak benda diam menjadi bergerak dan gaya mempengaruhi gerak benda dan menjelaskan tentang gaya mengubah bentuk benda.

f.       Guru mengajak siswa keluar kelas  untuk mempraktikkan gaya mengubah gerak benda yaitu gaya mengubah gerak benda diam menjadi begerak dan gaya mempengaruhi gerak benda dan gaya mengubah bentuk benda.  

g.      Guru menunjuk 2 siswa untuk mendorong sepeda yang asalnya diam dan kemudian meminta siswa untuk mengayun spedalnya untuk membuktikan gaya dapat mengubah benda diam menjadi bergerak.

h.      Setelah melakukan percobaan gaya gaya mengubah benda diam menjadi bergerak, guru meminta  perwakilan dari 2 siswa yang lain untuk membuktikan gaya dapat mempengaruhi gerak benda dengan menggunakan bola.

i.        Guru menunjuk 1 siswa  untk mempraktikkan gaya mengubah bentuk benda dengan memukul telur menggunakan batu.

j.        Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang.

k.      Guru membagikan kartu pada tiap kelompok yang berisi nama kelompok. Misal: kelompok 1 mendapat nama Upin dan Ipin. Kartu ini digunakan saat para kelompok akan menjawab pertanyaan dari guru yaitu dengan mengangkat kartu. Dan jika satu kelomok tidak bisa menjawab bisa dilempar ke kelompok lain.

l.        Guru menjelaskan langkah-langkah permainan, dan aturan permainannya.

m.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang kemudian tiap kelompok berebut cepat-cepat menjawab dengan mengangkat kartu.

50 menit

Ceramah

Demonstrasi

Tanya Jawab

Active learning tipe bowling kampus

3.       

Kegiatan Akhir

a.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

b.      Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi gaya dapat mengubah gerak dan atau bentuk benda.

c.       Guru menutup pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan salam.

 

10 menit

Ceramah

 

9.      Penilaian Hasil Belajar

1.      Keaktifan siswa dalam pembelajaran (tanya jawab).

2.      Keaktifan siswa dalam permainan bowling kampus.

 

 

 

Mengetahui                                                                             Kudus, 10  Desember 2015

Kepala Madrasah MI Al-Mukmin                                                      Guru IPA Kelas IV

 

 

 

....................................................                                                        (Siti Musbikhatus S.)

 

 

No comments:

Post a Comment