Daur Hidup Hewan Dan Pemeliharaannya SD PPT
mata pelajaran IPA untuk materi tentang daur hidup hewan dan pemeliharaannya, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Wahyu Febriana
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Madrasah : MI NU Matholi’ul Falah
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/ Semester : IV/ I
Topic
/ Tema : Daur Hidup Hewan dan
Pemeliharaannya
Alokasi
Waktu : 2 X 35 Menit
Pertemuan
Ke : 1
A. Standar
Kompetensi :
Memahami
daur hidup berbagai jenis makhluk hidup
B. Kompetensi
Dasar :
1. Mendeskripsikan
daur hidup beberapa hewan dan lingkungan sekitar, misalnya kecoak, nyamuk,
kupu-kupu dan kucing.
2. Menunjukkan
kepedulian terhadap hewan pemeliharaan, misalnya kucing, ayam dan ikan.
C. Indikator
Pembelajaran :
1. Siswa
mampu mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan dan lingkungan sekitar,
misalnya kecoak, nyamuk, kupu-kupu dan kucing.
2. Siswa
mampu menunjukkan kepedulian terhadap hewan pemeliharaan, misalnya kucing, ayam
dan ikan.
D. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah
mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat :
1. Mendeskripsikan
daur hidup kupu-kupu, nyamuk dan kecoak secara sederhana.
2. Menyimpulkan
berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara yang
sama.
3. Mendeskripsikan
bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan.
4. Mengidentifikasi
cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.
E. Metode
Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Tanya
Jawab
3. Demonstrasi
4. Games
F. Materi
Pembelajaran :
1. Daur
hidup hewan.
2. Pemeliharaan
dan perawatan hewan peliharaan.
G. Media
Pembelajaran :
1. LCD
(Power Point).
2. Kertas
Karton.
H. Sumber
Pembelajaran :
1. Buku
LKS IPA SD/MI kelas IV.
I. Langkah-langkah
Pembelajaran :
1. Kegiatan
Awal
a. Siswa
menjawab salam dari guru bersama-sama.
b. Siswa
bersama-sama dengan guru berdo’a.
c. Siswa
mendapatkan motivasi dari guru.
d. Guru
menyampaikan judul materi yang akan dipelajari pada saat itu yaitu tentang
“Daur Hidup Hewan dan Pemeliharaannya”.
e. Guru
memberikan pertanyaan dan mengarahkan siswa tentang materi yang akan
dipelajari.
2. Kegiatan
Inti
a. Guru
menampilkan slide tentang materi yang dipelajari.
b. Guru
menjelaskan pengertian daur hidup hewan.
c. Guru
menjelaskan macam-macam daur hidup hewan.
d. Guru
menyebutkan hewan-hewan yang berdaur hidup tanpa metamorfosis.
e. Guru
menjelaskan hewan yang berdaur hidup tanpa metamorphosis dan guru
memperlihatkan gambar daur hidupnya yang telah ditempelkan dipapan tulis.
f. Guru
menyebutkan hewan-hewan yang berdaur hidup dengan metamorfosis
g. Guru
menjelaskan hewan yang berdaur hidup dengan metamorfosis dan guru
memperlihatkan gambar daur hidupnya yang telah ditempelkan dipapan tulis.
h. Guru
menyebutkan cara pemeliharaan dan perawatan hewan peliharaan.
3. Kegiatan
Akhir
a. Guru
mengecek pemahaman siswa dengan melakukan permainan.
b. Siswa
bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi pembelajaran tentang daur hidup
hewan dan pemeliharaannya.
c. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum
dipahami.
d. Siswa
bersama-sama dengan guru mengucapkan hamdalah.
e. Siswa
menjawab salam penutup dari guru.
J. Penilaian
:
Jenis
penilaian adalah tes tertulis.
Soal…!!
1. Apa
yang dimaksud dengan daur hidup ?
2. Apasajakah
daur hidup pada hewan ?
3. Sebutkan
3 hewan yang berdaur hidup tanpa metamorfosis !
4. Sebutkan
3 hewan yang berdaur hidup dengan metamorfosis !
5. Bagaimana
cara merawat hewan peliharan ?
Kudus,
16 Desember 2015
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Guru
kelas
Miftachurrohmah,
S.Pd., M.Sc. Wahyu
Febriana
No comments:
Post a Comment