Mengenal Hewan Dan Tumbuhan SD PPT
mata pelajaran IPA untuk materi tentang mengenal hewan dan tumbuhan, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Diana Utami
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD 3 X
Kelas/ Semester : II/1
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Waktu
: 2X35 Menit (1 X Pertemuan)
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup.
II KOMPETENSI DASAR
1.2 Mengindentifikasi perubahan yang
terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuh (dari biji menjadi tanaman)
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Mengidentifikasi pertumbuhan yang terjadi pada pertumbuhan hewan
2.
Mengidentifikasi tumbuhan yang terjadi pada pertumbuhan tumbuhan
3.
Mengidentifikasi tempat hidup makhluk hidup
IV. Tujuan pembelajaran
1.
Mengidentifikasi pertumbuhan yang terjadi pada pertumbuhan hewan
2.
Mengidentifikasi tumbuhan yang terjadi pada pertumbuhan tumbuhan
3.
Mengidentifikasi tempat hidup makhluk hidup
V. MODEL METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a.
Model
CTL (Contextual Theaching And Learning)
b.
Metode
·
Tanya Jawab
·
Picture and picture
·
Penugasan
c.
Media
·
Gambar
·
Papan Tulis
·
Sumber Buku: Buku Paket IPA 2 Kelas 2 karangan Sarjan, Dkk.
terbitan dari Departemen Pendidikan Nasional.
VI. LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. |
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Keterangan |
Kegiatan Awal |
1.
Guru
memberikan salam pada siswa 2.
Siswa
menjawab salam pada guru secara bersama-sama 3.
Siswa
mendapatkan motivasi pada guru sebelum pembelajaran 4.
Guru
memberikan apersepsi pada siswa berupa pertayaan-pertanyaan mengenai materi
yang akan disampaikan Contonya : ·
Anak-anak
apakah kalian pernah melihat hewan atau tumbuhan? ·
Bagaimana
kalau kita belajar tentang hewan dan tumbuhan serta tempat makhluk hidup? 5.
Guru
menginformasikan materi pembelajaran yang akan dipelajari yaitu “Mengenal
bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup”. 6.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran |
10 Menit |
Metode Tanya Jawab, Ceramah |
Kegiatan Inti |
7.
Guru
menyampaikan pengertian tentang bagian-bagian utama tubuh hewan dan kegunaannya. 8.
Guru
mendemonstrasikan gambar hewan contohnya gambar kucing, elang dan ikan serta
menunjukan bagian-bagian utama tubuh hewan dan kegunaan bagian tubuh hewan
tersebut . 9.
Guru
dan siswa bertanya jawab tentang gambar yang di tunjukan 10. Selanjutnya guru menyampaikan pengertian tentang bagian-bagian
utama tubuh tumbuhan dan kegunaan. 11. Guru mendemonstrasikan gambar tumbuhan contoh gambar pohon
mangga. kemudian guru menunjukan masing-masing bagian dari tumbuhan dan juga
menginformasikan masing-masing kegunaannya. 12. Guru dan siswa bertanya jawab tentang gambar yang di tunjukan 13. Selanjutnya guru menjelaskan tentang pertumbuhan pada hewan dan
pada tumbuhan 14. Guru menyampaikan pengertian dari pertumbuhan hewan. 15. Guru memberikan dan menunjukan contoh gambar pertumbuhan pada Ayam. 16. Guru dan siswa bertanya jawab tentang gambar yang di tunjukan 17. Guru menyampaikan pengertian dari pertumbuhan pada tumbuhan 18. Guru mendemonstrasikan dan menunjukan contoh gambar pertumbuhan
pada pohon kelapa 19. Guru dan siswa bertanya jawab tentang gambar yang di tunjukan 20. Selanjutnya guru menjelaskan materi tentang tempat hidup makhluk
hidup 21. Guru menyampaikan pengertian tentang tempat hidup makhluk hidup
yaitu hewan dan tumbuhan 22. Guru menunjukan dan medemonstrasikan tentang tempat hidup pada
hewan dengan menyebutkan contoh hewannya yaitu burung hidup diudara, ayam
hidup didarat, ikan hidup di air dan lain sebagainnya 23. Guru dan siswa bertanya jawab tentang gambar yang di tunjukan 24. Guru menunjukan dan medemonstrasikan tentang tempat hidup pada
tumbuhan dengan menyebutkan contoh tumbuhannya. yaitu tumbuhan pisang hidup
di darat, tumbuhan teratai hidup di air, tumbuhan lumut hidup di pohon dan di
batu. 25. Guru dan siswa bertanya jawab tentang gambar yang di tunjukan 26. Guru memberikan tugas dirumah untuk bahan evaluasi |
50 Menit |
Metode Tanya Jawab, Picture and
picture, Ceramah, Penugasan |
Kegiatan Penutup |
27. Guru memberikan bimbingan kepada siswa untuk menyimpulkan dari
gambar yang didemonstrasikan 28. Guru bersama siswa mengucapkan hamdalah 29. Guru memberikan salam penutup dan siswa menjawabnya |
5 Menit |
Metode Ceramah |
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Jenis Penilaian |
Bentuk Penilaian |
Contoh Instrumen |
||||||||||
1. Mengidentifikasi pertumbuhan yang terjadi pada pertumbuhan
hewan 2. Mengidentifikasi
tumbuhan yang terjadi pada pertumbuhan tumbuhan 3. Mengidentifikasi tempat hidup
makhluk hidup
|
·
Tes
Tertulis
|
Tes Objektif |
1. Hewan yang hidup di air disebut a. hewan darat b. hewan air c. hewan udara 2. Contoh hewan yang beranak yaitu a. ikan paus b. ayam c. ular 3. Ayo urutkan dan beri nomor 1-3 Pertumbuhan pada Ayam
4. Ayo urutkan dan beri nomor pada
1-2 Pertumbuhan pada tumbuhan
5. tumbuhan yang hidup di air
adalah a. pohon mangga b. bunga teratai c. lumut 6. Hidung kucing berguna untuk a. mencium bau b. melihat mangsa c. mendengar suara
|
Kudus,
24, November 2015-12-16
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Kelas
Miftahurrohmah,
S.Pd., M.Sc. Diana Utami
NIP: NIM:
1310310108
LAMPIRAN MEDIA GAMBAR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment