mata pelajaran IPA untuk materi tentang perubahan kenampakan bumu, bulan ,dan matahari, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Siti Juriah
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :MI - X
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam
Topik/Tema : Perubahan
Penampakan Bumi dan Benda Langit
Alokasi Waktu: 3 x 35 menit (1 x pertemuan )
A.
Standar Kompetensi
1. Mendeskripsikan perubahan kenampakan permukaan Bumi dan benda langit
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan posisi Bulan dan kenampakan Bumi dari hari ke hari.
C.
Indikator
1.
Memaparkan kedudukan Bulan dari hari ke hari.
2.
Memaparkan perubahan kenampakan bulan dari hari ke hari.
3.
menjelaskan pengaruh posisi Bulan terhadap kenampakan Bumi.
D.
Tujuan Pembelajaran
1. setelah mengamati media kedudukan Bulan, siswa mampu memaparkan
kedudukan bulan dari hari ke hari.
2. setelah melakukan pengamatan pada media kedudukan Bulan, siswa
mampu menunjukkan perubahan kenampakan Bulan dari hari ke hari.
3. setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan
pengaruh posisi Bulan terhadap kenampakan Bumi.
E.
Materi Pembelajaran
· Perubahan
Penampakan Bulan
F.
Model dan Metode Pembelajaran
·
Model Pembelajaran
TPS (Think Pair Share)
·
Metode Pembelajaran
ü Metode Diskusi
ü Metode Tanya
Jawab
ü Metode Ceramah
ü Metode Penugasan
ü Demonstrasi
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Tahapan |
Kegiatan |
Alat dan Media |
Alokasi Waktu |
Kegiatan pendahuluan |
Koordinasi Kelas 1. Memberi salam 2. Absensi siswa 3. Berdoa 4. Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran. 5.Menyiapkan berbagai media pembelajaran.
Apersepsi
|
|
15 menit |
Kegiatan Inti |
– Guru memfasilitasi
siswa dengan media gambar untuk membangkitkan minat dan motivasi belajar
siswa.
Sintak 2 : Pairing (berbagi)
|
Gambar, LKS, bola pingpong, bola bekel/kasti, senter, dan kotak |
70 menit |
Kegiatan
Penutup |
– Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman tentang materi yang telah
dibahas. |
|
20 menit |
H.
Media Pembelajaran, Alat dan Sumber belajaran
· Media Pembelajaran: LKS dan Gambar
· Alat:
1. Bola pingpong
2. Bola bekel/tenis
3. Kotak
4. Senter
·
Sumber:
1.
Buku Paket Jelajah IPA Kelas IV SD karangan Rosa Kemala, Penerbit Yudistira.
2.
Buku Paket Sains SD Kelas IV karangan Haryanto, Penerbit Erlangga.
I.
Penilaian Hasil Belajar
a. Penilaian Proses
Dalam
penilaian proses, yang dinilai adalah keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran. Penilaian menggunakan lembar observasi (terlampir).
b. Penilaian Produk/Hasil
1.
Aspek yang dinilai
2.
Pengetahuan dan pemahaman konsep (kognitif) dinilai dari hasil belajar
soal-soal latihan, tugas individu (PR), dan tes tulis.
3.
Sikap (afektif) dinilai dari perilaku siswa dalam mengikuti proses
pembelajaran.
4.
Gerak (psikomotor) dinilai dari keaktifan siswa dalam melakukan diskusi dan
keaktifan menjawab pertanyaan ke depan kelas.
c. Bentuk Penilaian
1.
Teknik Penilaian
: Tes dan non tes
2.
Bentuk
Instrumen
: Uraian
3.
Jenis
Tes
: Individu dan kelompok.
4.
Instrumen
Penilaian : Terlampir Penilaian
Kudus,
05 Desember 2015
Mengetahui, Guru
Kelas
Kepala Madrasah
.......................................
No comments:
Post a Comment