Wednesday, December 30, 2015

Changes in Earth Appearance, Moon And Sun SD PPT

Perubahan Kenampakan Bumi, Bulan Dan Matahari SD PPT

mata pelajaran IPA untuk materi tentang perubahan kenampakan bumu, bulan ,dan matahari, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Siti Juriah

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah :MI - X

Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam

Topik/Tema     : Perubahan Penampakan Bumi dan Benda Langit

Alokasi Waktu: 3 x 35 menit (1 x pertemuan )

A.    Standar Kompetensi

1. Mendeskripsikan perubahan kenampakan permukaan Bumi dan benda langit

B.     Kompetensi Dasar

1.1 Mendeskripsikan posisi Bulan dan kenampakan Bumi dari hari ke hari.

C.       Indikator

1. Memaparkan kedudukan Bulan dari hari ke hari.

2. Memaparkan perubahan kenampakan bulan dari hari ke hari.

3. menjelaskan pengaruh posisi Bulan terhadap kenampakan Bumi.

D.      Tujuan Pembelajaran

1. setelah mengamati media kedudukan Bulan, siswa mampu memaparkan kedudukan bulan dari hari ke hari.

2. setelah melakukan pengamatan pada media kedudukan Bulan, siswa mampu menunjukkan perubahan kenampakan Bulan dari hari ke hari.

3. setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengaruh posisi Bulan terhadap kenampakan Bumi.

E.     Materi Pembelajaran

·      Perubahan Penampakan Bulan

F.        Model dan Metode Pembelajaran

·         Model Pembelajaran

     TPS (Think Pair Share)

·         Metode Pembelajaran

ü  Metode Diskusi

ü  Metode Tanya Jawab

ü  Metode Ceramah

ü  Metode Penugasan

ü  Demonstrasi

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

Tahapan

Kegiatan

Alat dan Media

Alokasi Waktu

Kegiatan pendahuluan

Koordinasi Kelas

1. Memberi salam

2. Absensi siswa

3. Berdoa

4. Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.

5.Menyiapkan berbagai media pembelajaran.

 

Apersepsi 
1. Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
* Anak-anak, apakah kalian pernah melihat Bulan purnama atau Bulan sabit?
* Bagaimana bentuk Bulan purnama dan bulan sabit yang anak-anak lihat?
* Mengapa bentuk Bulan yang kalian lihat selalu berbeda?


2. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari

 

15 menit

Kegiatan Inti

– Guru memfasilitasi siswa dengan media gambar untuk membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa.
– Guru menjelaskan materi.
– Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, disesuaikan dengan jumlah siswa.


Sintak 1 : Thinking (berpikir)
– Guru mengajukan pertanyaan/isu yang berhubungan dengan pelajaran.
* Mengapa bentuk Bulan yang terlihat di Bumi selalu berbeda pada waktu tertentu?
* Bagaimana kedudukannya dari waktu ke waktu?
– Guru meminta siswa untuk memikirkan jawaban dari pertanyaan tersebut secara mandiri dengan menuliskan hasil pemikirannya masing-masing.

Sintak 2 : Pairing (berbagi)
– Guru membagikan LKS dan media yang akan diamati kepada siswa sebagai bahan dalam kegiatan diskusi.
– Guru memberikan petunjuk cara mengerjakan LKS.
– Siswa secara berpasangan dengan siswa lain dalam kelompoknya mendiskusikan apa yang telah dipikirkan sampai mendapat jawaban yang terbaik.
– Guru mendampingi siswa dalam kegiatan diskusi kelompok.


Sintak 3 : Sharing (berbagi)
– Setiap pasangan perwakilan masing-masing kelompok yang ditunjuk, menyampaikan hasil diskusinya.
– Guru selaku moderator dalam diskusi memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan tanggapan atas pernyataan tersebut.
– Guru memperbaiki miskonsepsi.
– Guru memberikan tanggapan dan penguatan pada siswa.
–  Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa tentang materi yang belum dimengerti.

Gambar, LKS, bola pingpong, bola bekel/kasti, senter, dan kotak

70 menit

Kegiatan Penutup

– Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman tentang materi yang telah dibahas.
– Guru melakukan penilaian/evaluasi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
–   Guru memberikan tindak lanjut berupa PR  kepada siswa ( terlampir)
– Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
–  Guru memberikan salam penutup

 

20 menit

 

 

 

H.    Media Pembelajaran, Alat dan Sumber belajaran

·  Media Pembelajaran: LKS dan Gambar

·  Alat:

1.    Bola pingpong

2.    Bola bekel/tenis

3.    Kotak

4.    Senter

·      Sumber:

1.         Buku Paket Jelajah IPA Kelas IV SD karangan Rosa Kemala, Penerbit Yudistira.

2.         Buku Paket Sains SD Kelas IV karangan Haryanto, Penerbit Erlangga.

I.         Penilaian Hasil Belajar
a. Penilaian Proses
            Dalam penilaian proses, yang dinilai adalah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penilaian menggunakan lembar observasi (terlampir).
b. Penilaian Produk/Hasil

1.         Aspek yang dinilai

2.         Pengetahuan dan pemahaman konsep (kognitif) dinilai dari hasil belajar soal-soal latihan, tugas individu (PR), dan tes tulis.

3.         Sikap (afektif) dinilai dari perilaku siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

4.         Gerak (psikomotor) dinilai dari keaktifan siswa dalam melakukan diskusi dan keaktifan menjawab pertanyaan ke depan kelas.

c. Bentuk Penilaian

1.         Teknik Penilaian                : Tes dan non tes

2.          Bentuk Instrumen              : Uraian

3.         Jenis Tes                             : Individu dan kelompok.

4.          Instrumen Penilaian          : Terlampir Penilaian

                   

                                                                                Kudus, 05 Desember 2015

 

Mengetahui,                                                                                    Guru Kelas

Kepala Madrasah                                                                           

 

 

.......................................                    

No comments:

Post a Comment