Memahami Tumbuhan Hijau Membuat Makanannya SD PPT
mata pelajaran IPA untuk materi tentang memahami tumbuhan Hijau membuat makanan silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Zarmawis Afnanil Muna
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah : MIN 1 Malang
Mata Pelajaran : IPA
Kelas : V/I
Materi : Memahami Cara Tumbuhan Hijau Membuat
Makanan
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
Pertemuan : 1
v Standar
Kompetensi :
1.
Memahami cara tumbuhan hijau membuat
makanan.
v Kompetensi
Dasar :
1. Mengidentifikasi
cara tumbuhan hijau membuat makanan
v Indikator Pembelajaran :
1.
Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri
2. Menjelaskan ketergantungan hewan dan
tumbuhan terhadap tumbuhan hijau.
v Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat mengetahui proses tumbuhan hijau membuat
makanannya sendiri
2.
Siswa dapat mengetahui ketergantungan hewan dan tumbuhan terhadap tumbuhan hijau
v Metode
Pembelajaran :
1.
Ceramah
2.
Demonstrasi
3.
Tanya Jawab
v Media
Pembelajaran
1.
Papan tulis
2.
Tanaman Kecil dalam pot
3.
Slide
v Sumber
Pembelajaran :
1.
Buku paket SAINS SD/MI Kelas
V
2.
Buku paket SENANG BELAJAR IPA SD/MI Kelas V
v Langkah-langkah
Pembelajaran :
No |
Bagian |
Waktu |
1 |
§ Kegiatan
awal 1. Guru
memberikan salam 2. Guru
mengawali pembelajaran dengan berdo’a 3. Guru
mengabsen kehadiran siswa. 4. Guru
memberi motivasi 5. Guru
menggali pengetahuan awal tentang materi Tumbuhan Hijau
|
10 Menit |
2 |
§ Kegiatan
inti 1. Guru
manjelaskan pengertian Fotosintesis 2. Guru
menjelaskan Proses Fotosintesis 3. Guru
menunjuk siswa untuk melakukan praktik 4. Guru
menjelaskan hasil dari praktikan tersebut.
|
50 Menit |
3 |
§ Kegiatan
penutup 1. Guru
memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi 2. Guru
menyimpulkan materi yang dipelajari dengan metode tanya jawab. 3. Guru
mengevaluasi dengan memberi soal di Slide 4. Guru
menutup salam dan berdo’a bersama
|
15 Menit |
Kudus, Desember
2015
Kepala Madrasah Guru
Kelas
Mifthurrohmah. S,pd. M.Sc Dr. Zarmawis
Afnanil Muna, M.Pd
No comments:
Post a Comment