Sumber Energi SD PPT
Mata pelajaran IPA untuk materi tentang sumber Energi, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Aulia Mustafidah
RPP (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran)
Sekolah : MI NU Nurus Shofa
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : II/(dua)
Materi Pokok : Gejala alam dan peristiwa
(sumber energi, kenampakan matahari, kegunaan panas dan cahaya matahari
Subtema : Sumber energi
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu
: 2 x 35 menit.
Metode
Pembelajaran : ceramah, tanya jawab,
diskusi.
Standar Kompetensi : Mengenal berbagai sumber energy yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
Kompetemsi Dasar :
Mengindentifikasi
sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan
sekitar.
Indikator :
1.
Menyebutkan dan
menjelaskan sumber sumber energi (panas listrik cahaya dan bunyi) yang ada di
lingkungan sekitar.
2.
Menyebutkan
alat-alat yang dapat menghasilkan energy.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Siswa dapat
menyebutkan dan menjelaskan sumber energy (panas, listrik, cahaya dan bunyi
2.
Siswa dapat
menyebutkan alat-alat yang dapat menghasilkan energi.
Langkah-langkah
Pembelajaran:
A.
Kegiatan Awal (5
menit)
Ø Guru
mengucapkan salam dan menanyakan kabar kepada siswa.
Ø Guru
menyampaikan kepada siswa tentang kompetensi yang diharapkan tercapai dan
rencana kegiatan yang akan dilakasanakan berkenaan dengan sumber energi.
B.
Kegiatan Inti
(60 menit)
Ø guru
menyampaikan materi dengan memperlihatkan gambar-gambar alat-alat penghasil
panas, bunyi dan listrik melalui media power point.
Ø Guru
menanyakan kepada siswa setiap alat yang ada pada gambar bagaimana kegunaannya
dan energi apa yang dihasilkannya.
Ø Setelah
menjelaskan guru melemparkan pertanyaan kepada siswa secara acak.
Ø Guru
mengajak siswa bermain lempar bola jawaban. Guru menunjuk salah seorang siswa
untuk maju kedepan dan melempar bola yang terbuat dari kertas ke arah
teman-temannya dalam keadaan membelakangi kelas. Siswa yang terkena bola
tersebut harus maju ke depan dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan sumber
energi.
Ø Guru
kemudian mengajak siswa ke halaman sekolah.
Ø Siswa
diminta untuk bercerita bagaimana ketika siswa berada di bawah matahari
langsung dan membandingkannya dengan keadaan ketika malam hari.
Ø Guru
menjelaskan kepada siswa tentang panas matahari dan sumber energi panas yang
ada di bumi.
C.
Kegiatan Akhir
(5 menit)
Ø
Guru memberikan pertanyaan
mengenai sumber energi dan bentuk-bentuk energi yang telah dibahas ketika
pembelajaran.
Ø
Guru bersama siswa
menyimpulkan pembelajaran.
Ø
Guru meminta siswa membawa
senter untuk praktek pada pertemuan selanjutnya.
Ø
Guru mengakhiri
pembelajaran dan mempersilakan siswa kembali masuk ke kelas
Sumber belajar :
buku paket “IPA kelas 2 untuk SD/MI” karangan Sarjan dkk terbitan Departemen
Pendidikan Nasional
Alat Pembelajaran : LCD, Proyektor, kertas, spidol, papan
tulis, dll.
Penilaian :
- Teknik Penilaian :
ü Tes lisan
ü Penilaian sikap
- Bentuk instrumen :
ü Soal
- Instrumen soal :
ü Soal lisan, seperti :
-
Bentuk energi apa yang
dihasilakan oleh setrika ?
-
Bentuk energi apa yang
dihasilkan oleh terompet?
-
Ceritakan bagaimana
keadaan siang hari !
-
Bagaimana perbedaan siang
hari dengan malam hari ?
Kudus, 15 Desember 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru bidang studi IPA
Miftahurrohmah, M. Sc Aulia Mustafidah
NIP. NIM. 1310310084
No comments:
Post a Comment