Perubahan Sifat Benda SD PPT
mata pelajaran IPA untuk materi tentang perubahan Sifat benda, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Umi Kulsum
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama
Madrasah :
MI.......................
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester
: V/I
Materi
: Perubahan Wujud
Benda
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
Pertemuan
ke : I
I.
Standar Kompetensi\
Memahami hubungan antara sifat bahan
dengan penyusunnya dan perubahan
sifat benda sebagai hasil suatu
proses.
II.
Kompetensi dasar
Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang
perubahan sifat
benda, baik sementara maupun
tetap
III.
Indikator Pembelajaran :
1.
Siswa
mampu menyebutkan
sifat benda, seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan dan bau sebelum dan sesudah
mengalami perubahan
2.
Siswa
mampu menjelaskan sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses, misalnya lilin dipanaskan,
kertas dibakar, semen dicampur dengan air, dan pembusukan buah
3.
Siswa
mampu menjelaskan faktor yang menyebabkan perubahan pada benda
4.
Siswa
mampu menyebutkan benda yang dapat dan tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami suatu
proses
5.
Siswa
mampu menyebutkan kondisi benda setelah mengalami proses berdasarkan pengamatan.
IV.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Mampu menyebutkan sifat
benda, seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan dan bau sebelum dan sesudah
mengalami perubahan
2.
Mampu menjelaskan sifat benda sesudah
mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses, misalnya lilin dipanaskan,
kertas dibakar, semen dicampur dengan air, dan pembusukan buah
3.
Mampu menjelaskan faktor yang menyebabkan
perubahan pada benda
4.
Mampu menyebutkan benda yang dapat dan
tidak dapat kembali ke wujud semula
setelah
mengalami suatu proses
5.
Mampu menyebutkan kondisi benda setelah
mengalami proses berdasarkan
pengamatan.
V.
Metode Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4. Eksperimen
5. CTL
6. Games
7. Penugasan
VI.
Media Pembelajran :
Kapur barus,
kompor kecil, spirtus, botol kaca, video perubahan wujud
VII.
Sumber Pembelajaran :
1. Buku Paket IPA SD/MI kelas V terbitan
Departemen Pendidikan Nasional tahun 2008
2. Buku LKS IPA SD/MI terbitan CV. Qoyimah Cendikia Globalindo Solo
VIII.
Langkah-langkah Pembelajaran :
No |
Langkah-langkahPembelajaran |
AlokasiWaktu |
Model Pembelajaran |
1. |
KegiatanPendahuluan a. Guru mengucapkan salam b. Guru mengkondisikan kelas c. Guru mengatur tata letak tempat duduk
siswa menjadi huruf U d. Guru mengabsen kehadiran siswa e. Guru memberikan apersepsi berupa
pertanyaan tentang benda padat, cair, dan gas f. Guru memberikan motivasi kepada siswa
dengan “tepuk macam-macam benda”
|
10 Menit |
Ceramah, Tanya Jawab |
2. |
Kegiatan Inti a. Guru menginstruksikan siswa agar
berkelompok (1 kelompok terdiri dari 4 siswa) b. Siswa menyimak penjelasan tentang
perubahan wujud benda melalui video c. Setelah video selesai, guru dan murid
melakukan tanya jawab tentang materi dalam video tadi d. Guru melakukan eksperimen perubahan
wujud dengan berbagai media yang sudah disiapkan dan murid mengamati dengan
baik e. Siswa menuliskan hasil pengamatan di
kertas f. Siswa mempresentasikan hasil
pengamatan perkelompok di depan kelas g. Guru mengklarifikasi jawaban siswa,
menguatkan dan melakukan tanya jawab h.
Siswa
ditugaskan menyelesaikan LKS secara berpasangan i.
Guru
meminta salah pasangan maju mempresentasikan j.
Murid
lainnya diberi kesempatan untuk menanggapi k.
Guru
menanggapi, meluruskan dan memberikan penguatan |
50 Menit |
Ceramah, CTL, Diskusi, Tanya Jawab, Eksperimen |
3. |
Kegiatan Penutup a. Guru mengecek pemahaman siswa dengan
melakukan permainan b. Guru dan siswa menyimpulkan materi c. Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya materi yang belum dipahami d. Guru memberikan pekerjaan rumah yang
terdapat di LKS
|
10 Menit |
Games, Ceramah, Tanya
Jawab |
IX.
Penilaian :
1. Keaktifan dalam pembelajaran (tanya
jawab)
2. Hasil pengerjaan siswa di LKS
Kudus,
15 Desember 2015
Mengetahui,
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran IPA
Miftahurrohmah,
S.Pd, M.Sc Umi Kulsum
sangat bermanfaat. terima kasih....
ReplyDeletesama2 om.. suwun
Delete