Wednesday, December 30, 2015

Earth Surface Appearance of SD PPT

Penampakan Permukaan Bumi SD PPT

mata pelajaran IPA untuk materi tentang penampakan permuakaan bumi, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Danny Setyowati


Rancana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Kelas/Semester            : III/II

Topik/Tema                 : Penampakan Permukaan Bumi

Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

 

A.    Standar Kompetensi

1.      Memahami penampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta saling keterkaitan antara permukaan bumi, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.

B.   Kompetensi Dasar

1.1 Mendeskripsikan penampakan permukaan bumi (daratan dan sebaran air).

C.    Indikator

1.1.1        Mendiskripsikan berbagai kenampakan bentuk permukaan bumi, yaitu terdiri atas daratan dan sebaran air.

1.1.2        Mengetahui melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air .Menyebutkan dan mendiskripsikan macam-macam rangkaian listrik.

1.1.3        Mampu menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat.

D.    Tujuan Pembelajaran

Setelah adanya pembelajaran tentang Perpindahan Energi Listrik, siswa diharapkan :

1.      Mampu mendiskripsikan berbagai kenampakan bentuk permukaan bumi, yaitu terdiri atas daratan dan sebaran air.

2.      Mampu mengetahui melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air .

3.      Mampu menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat.

E.     Materi Pembelajaran

Penampakan Permukaan Bumi,  meliputi :

§  Bentuk Permukaan Bumi.

§  Model Permukaan Bumi.

§  Bentuk Bumi.

F.     Model dan Metode Pembelajaran

§  Model Pembelajaran

Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran klasikal

§  Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang akan digunakan yaitu:

1.      Metode ceramah

2.      Metode tanya jawab

3.      Metode pengamatan

G.    Langkah-Langkah  Pembelajaran

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Keteangan

Kegiatan Awal

a.    Siswa menjawab salam dari guru bersama-sama.

b.   Siswa mengkondisikan diri kemudian berdo’a bersama.

c.    Guru memberikan appersepsi kepada siswa berupa pertanyaan-pertanyaan.

d.   Guru menyampaikan model pembelajaran yang akan di implementasikan pada pembelajaran materi tentang “Penampakan Permukaan Bumi”yaitu model pembelajaran klasikal.

e.    Guru menyiapkan segala peralatan yang akan digunakan dalam pembelajaran materi tentang “Penampakan Permukaan Bumi”, yaitu menyiapkan LCD, proyektor, dan kamputer atau laptop yang akan digunakan.

15 menit

§ Metode ceramah

§ Metode tanya jawab

 

Kegiatan Inti

a.    Guru memutar media pembelajaran power point yang telah disiapkan.

b.   Siswa memperhatikan tayangan PPT di proyektor dengan seksama.

c.    PPT yang diputar berisi uraian materi tentang bentuk permukaan bumi dan video tentang kenampakan permukaan bumi.

d.   Pada bagian awal atau bagian materi, guru memposisikan diri sebagai narasumber yang memberikan informasi materikepada siswa dengan cara membacakan tayangan slide yang disertai penjelasan.

e.    Pada bagian vidio, siswa bersama-sama guru menyaksikan vidio tentang “Penampakan Permukaan Bumi”

f.    Setelah pemutaran vidio, akan muncul slide yang bertuliskan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab siswa secara lisan. Agar tidak terjadi kekacauan gurulebih baik menunjuk siswa yang harus menjawab pertanyaan tersebut.

g.   Pertanyaan ditujukan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi “Penampakan Permukaan Bumi”.

40 menit

§  Metode ceramah

§  Metode pengamatan

 

Kegiatan Penutup

a.    Siswa besama-sama dengan guru menyimpulkan materi  pembelajaran tentang Perpindahan Energi Listrik.

b.   Guru memberikan pekerjaan rumah untuk siswa terkait materi tentang “Penampakan Permukaan Bumi”.

c.    Guru menyampaiakan materi yang akan dipelajari untuk pertemuan berikutnya.

d.   Siswa bersama-sama guru membaca hamdalah.

e.    Siswa menjawab salam penutup dari guru.

15 menit

§  Metode tanya jawab

§  Metode ceramah

 

H.    Media Pembelajaran dan Sumber Belajar

§  Media Pembelajaran

1.      Laptop atau komputer

2.      LCT

3.      Proyektor

§  Sumber Belajar

1.      Buku paket Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III untuk SD/MI karangan Zaenal Mustopa, Tuti Pancawati Pathi, dan Ai Tati Nurhayati, BSE.

I.       Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi

Jenis Penilaian

Bentuk Penilaian

Contoh Instrumen

1.1.1        Mendiskripsikan berbagai kenampakan bentuk permukaan bumi, yaitu terdiri atas daratan dan sebaran air.

1.1.2        Mengetahui melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air.

1.1.3        Mampu menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat.

Tes tertulis

Tes objektif

1.      Sebutkan yang termasuk kenampakan alamdi daratan !

2.      Sebagaian besar permukaan bumi adalah perairan. Berapa bagian perairan di permukaan bumi ?

3.      Bagaimanakah bentuk bumi ?

 

                                                                                    Kudus, 12 Desember  2015

                 Mengetahui,

Kepala Madrasah                                                        Guru Kelas

 

 

Miftachurrohmah, S.Pd., M.Sc.                                      Danny Setyowati

                                    

No comments:

Post a Comment