mata pelajaran IPA untuk materi tentang penampakan permuakaan bumi, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Danny Setyowati
Rancana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester : III/II
Topik/Tema : Penampakan Permukaan Bumi
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
1. Memahami penampakan
permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta saling keterkaitan
antara permukaan bumi, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mendeskripsikan penampakan permukaan bumi (daratan dan sebaran air).
C.
Indikator
1.1.1
Mendiskripsikan
berbagai kenampakan bentuk permukaan bumi, yaitu terdiri atas daratan dan
sebaran air.
1.1.2
Mengetahui
melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air .Menyebutkan
dan mendiskripsikan macam-macam rangkaian listrik.
1.1.3
Mampu
menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi
bulat.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah adanya
pembelajaran tentang Perpindahan Energi Listrik, siswa diharapkan :
1.
Mampu
mendiskripsikan berbagai kenampakan bentuk permukaan bumi, yaitu terdiri atas
daratan dan sebaran air.
2.
Mampu
mengetahui melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri
atas air .
3.
Mampu
menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi
bulat.
E.
Materi Pembelajaran
Penampakan
Permukaan Bumi, meliputi :
§ Bentuk Permukaan Bumi.
§ Model Permukaan Bumi.
§ Bentuk Bumi.
F.
Model dan Metode Pembelajaran
§ Model Pembelajaran
Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran klasikal
§ Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang akan digunakan yaitu:
1.
Metode
ceramah
2.
Metode
tanya jawab
3.
Metode
pengamatan
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Tahapan |
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Keteangan |
Kegiatan Awal |
a.
Siswa
menjawab salam dari guru bersama-sama. b.
Siswa mengkondisikan
diri kemudian berdo’a bersama. c.
Guru
memberikan appersepsi kepada siswa berupa pertanyaan-pertanyaan. d.
Guru
menyampaikan model pembelajaran yang akan di implementasikan pada
pembelajaran materi tentang “Penampakan Permukaan Bumi”yaitu model
pembelajaran klasikal. e.
Guru
menyiapkan segala peralatan yang akan digunakan dalam pembelajaran materi
tentang “Penampakan Permukaan Bumi”, yaitu menyiapkan LCD, proyektor, dan
kamputer atau laptop yang akan digunakan. |
15 menit |
§ Metode ceramah § Metode tanya jawab
|
Kegiatan Inti |
a.
Guru memutar
media pembelajaran power point yang telah disiapkan. b.
Siswa
memperhatikan tayangan PPT di proyektor dengan seksama. c.
PPT yang
diputar berisi uraian materi tentang bentuk permukaan bumi dan video tentang
kenampakan permukaan bumi. d.
Pada bagian
awal atau bagian materi, guru memposisikan diri sebagai narasumber yang
memberikan informasi materikepada siswa dengan cara membacakan tayangan slide
yang disertai penjelasan. e.
Pada bagian
vidio, siswa bersama-sama guru menyaksikan vidio tentang “Penampakan
Permukaan Bumi” f.
Setelah pemutaran
vidio, akan muncul slide yang bertuliskan pertanyaan-pertanyaan yang harus
dijawab siswa secara lisan. Agar tidak terjadi kekacauan gurulebih baik
menunjuk siswa yang harus menjawab pertanyaan tersebut. g.
Pertanyaan
ditujukan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi
“Penampakan Permukaan Bumi”. |
40 menit |
§ Metode ceramah § Metode pengamatan
|
Kegiatan Penutup |
a.
Siswa
besama-sama dengan guru menyimpulkan materi
pembelajaran tentang Perpindahan Energi Listrik. b.
Guru
memberikan pekerjaan rumah untuk siswa terkait materi tentang “Penampakan
Permukaan Bumi”. c.
Guru
menyampaiakan materi yang akan dipelajari untuk pertemuan berikutnya. d.
Siswa
bersama-sama guru membaca hamdalah. e.
Siswa
menjawab salam penutup dari guru. |
15 menit |
§ Metode tanya jawab § Metode ceramah |
H.
Media Pembelajaran dan Sumber Belajar
§ Media Pembelajaran
1.
Laptop
atau komputer
2.
LCT
3.
Proyektor
§ Sumber Belajar
1.
Buku
paket Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III untuk SD/MI karangan Zaenal Mustopa, Tuti
Pancawati Pathi, dan Ai Tati Nurhayati, BSE.
I.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Jenis
Penilaian |
Bentuk
Penilaian |
Contoh
Instrumen |
1.1.1
Mendiskripsikan
berbagai kenampakan bentuk permukaan bumi, yaitu terdiri atas daratan dan
sebaran air. 1.1.2
Mengetahui
melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas
air. 1.1.3
Mampu
menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi
bulat. |
Tes tertulis |
Tes objektif |
1.
Sebutkan yang
termasuk kenampakan alamdi daratan ! 2.
Sebagaian
besar permukaan bumi adalah perairan. Berapa bagian perairan di permukaan
bumi ? 3.
Bagaimanakah
bentuk bumi ? |
Kudus,
12 Desember 2015
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Kelas
Miftachurrohmah, S.Pd., M.Sc. Danny
Setyowati
No comments:
Post a Comment