Wednesday, December 30, 2015

Natural Resources SD PPT

Sumber Daya Alam SD PPT


mata pelajaran IPA untuk materi tentang sumber daya alam, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : M. N. Syamsul Huda


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Sekolah                         :   MI MIFTAHUL HUDA

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   IV/2

Materi Pokok               :   Sumber Daya Alam

Waktu                          :   2 x 45 menit

A.    Standar Kompetensi      

11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan    masyarakat

B.     Kompetensi Dasar

11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan.

C.  Indikator

11.1.1 Mengenal hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan

11.1.2 Menuliskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan

11.1.3 Mendiskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan

D.  Tujuan Pembelajaran

a. Siswa dapat mengenal hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan

b. Siswa dapat menuliskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan

c. Siswa dapat mendiskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan         

    lingkungan

 

E.   Materi Ajar

     a. Sumber Daya Alam dan Lingkungan

        1. Pengertian Sumber Daya Alam

          Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam. Sumber daya  alam digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kesejahteraannya.

a.    Berdasarkan jenisnya, sumber daya alam di bagi atas dua yaitu :

1.      Sumber daya alam hayati, merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, seperti kursi, makanan dan wol. Sumber daya alam hayati berasal dari hewan maupun tumbuhan.

2.      Sumber daya alam non hayati, merupakan sumber daya alam yang bukan berasal dari makhluk hidup, seperi sinar matahari, udara, air dan tanah. Selain itu, ada pula sumber daya alam non hayati yang berasal dari dalam bumi. Seperti, bahan tambang dan minyak bumi.

 

b.      Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dibagi atas dua yaitu :

1.     Sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang memiliki sifat dapat pulih kembali. Dengan sifat tersebut, sumber daya alam ini dapat terus digunakan dan tidak akan pernah abis. Contohnya, air, hewan dan tumbuhan.

 Alasan mengapa air, hewan dan tumbuhan termasuk dalam sumber daya alam      yang dapat diperbaharui :

·         Air merupakan sumber daya alam yang secara terus menerus mengalami pembaharuan. Pembaharuan tersebut terjadi dengan cara daur air.

·         Hewan dan Tumbuhan juga termasuk kedalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Hal itu disebabkan hewan dan tumbuhan dapat berkembang biak dan menghasilkan keturunan.

2.      Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang akan habis apabila digunakan secara terus menerus. Contohnya, minyak bumi, batu bara, gas alam dan bahan tambang lainnya.

 

2.  Hubungan antara Sumber Daya Alam dan Lingkungan.

          Coba perhatikan diri masing-masing, apa yang kamu rasakan saat bernafas? Kamu akan merasakan adanya udara yang masuk. Udara yang kamu hirup merupakan sumber daya alam. Lingkungan terdapat banyak sekali sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan. Lingkungan merupakan tempat bagi sumber daya alam. Kita dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan baik jika lingkungan berada dalam kondisi yang baik. Jika lingkungan terjadi kerusakan maka sumber daya alam pun tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.

Kerusakan lingkungan dapat menyebabkan mutu sumber daya alam menjadi tidak bagus. Selain itu, kerusakan lingkungan juga dapat menyebabkan sumber daya alam hilang atau habis. Contoh kerusakan lingkungan yang dapat mengurangi mutu mutu sumber daya alam adalah pencemaran sungai. Jika terjadi pencemaran sungai maka sumber daya alam yang ada di sungai seperti ikan akan mati atau dalam tubuhnya mengandung racun.

Oleh karena itu, agar kita dapat memanfaatkan sumber daya alam debgan baik, maka  kita harus memelihara kebersihan linkungan dimana lingkungan merupakan tempat sumber daya alam itu berada. Hal itu disebabkan sumber daya alam sangat berhubungan dan tidak dapat dipisahkan dengan lingkungan.

.

 

F.     Metode atau Model Pembelajaran.

a.       Metode : Ceramah dan Learning Together ( kooperatif )

b.      Model   : Think Pair And Share dan Cooperative Script

 

G.   Kegiatan Pembelajaran.

Kegiatan awal ( 5 menit)

a.       Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.

b.      Motivasi.

c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Kegiatan inti (50 menit)

Eksplorasi

·      Guru menyampaikan materi pokok yang akan di pelajari.

·      Siswa mencari informasi tentang hubungan sumber daya alam dengan lingkungan.

·      Siswa bertanya jawab tentang hubungan sumber daya alam dengan lingkungan.

Elaborasi

·      Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen.

·      Guru membagikan materi kepada masing-masing kelompok.

·      Setelah masing-masing kelompok telah mendapatkan materi atau tugas, guru mempersilakan masing-masing kelompok untuk mendiskusikan materi/tugas tersebut.

·      Guru memberikan kesempatan kepada perwakilan kelompok/ ketua untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.

·      Guru meminta kepada kelompok yang lain untuk memperhatikan kelompok yang sedang presentasi.

Konfirmasi

·      Memberikan umpan balik positif.

·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan.

 Kegiatan Penutup (5 menit)

a.      Guru bersama-sama dengan siswa menarik kesimpulan dari materi yang disampaikan.

b.      Memberikan tugas rumah.

c.       Berdoa.

H.     Media dan Sumber Belajar

Media               : Gambar tentang hubungan sumber daya alam dengan linggkungan

     Sumber belajar : Buku Pengetahuan Alam untuk Kelas IV SD/MI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

I.       Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

11.1.1 Mengenal hubungan antara  sumber daya alam dengan lingkungan

11.1.2 Menuliskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan

11.1.3 Mendiskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan

Tes Tertulis

 

 

 

 

 

 

Uraian

 

 

 

1.       Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam ?

2.       jelaskan macam-macam sumber daya alam berdasarkan sifatnya!

3.       Berikan contoh sumber daya alam hayati dan dapat diperbaharui!

4.      Bagaimana hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan ?

 

Catatan:

Penskoran, jika betul semua skor maksimal 20

Nilai akhir = ( nilai yang diperoleh : nilai maksimal ) x  100

Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Untuk yang memenuhi KKM akan diadakan pengayaan.

                       

 

 

 

       KUDUS, 9 Desember 2015

            Mengetahui Kepala Sekolah                                                                            Guru Mapel  

 

 

M. Noor Syamsul Huda                                                 Miftahur RohmahS.Pd. M.Pd

          NIM : 1310310094                                                                     Nip :…………

 

No comments:

Post a Comment