Sumber Daya Alam SD PPT
mata pelajaran IPA untuk materi tentang sumber daya alam, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : M. N. Syamsul Huda
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Sekolah
: MI MIFTAHUL HUDA
Mata
Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester
: IV/2
Materi Pokok
: Sumber Daya Alam
Waktu : 2 x 45 menit
A. Standar Kompetensi
11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
B. Kompetensi Dasar
11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan.
C. Indikator
11.1.1 Mengenal hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
11.1.2 Menuliskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
11.1.3 Mendiskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
D. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat mengenal hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
b. Siswa dapat menuliskan hubungan antara sumber daya alam dengan
lingkungan
c. Siswa dapat mendiskripsikan hubungan antara sumber daya alam
dengan
lingkungan
E. Materi Ajar
a. Sumber Daya Alam dan
Lingkungan
1. Pengertian Sumber Daya
Alam
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam. Sumber
daya alam digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan
kesejahteraannya.
a. Berdasarkan jenisnya,
sumber daya alam di bagi atas dua yaitu :
1. Sumber daya alam
hayati, merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, seperti
kursi, makanan dan wol. Sumber daya alam hayati berasal dari hewan maupun tumbuhan.
2. Sumber daya alam non
hayati, merupakan sumber daya alam yang bukan berasal dari makhluk hidup,
seperi sinar matahari, udara, air dan tanah. Selain itu, ada pula sumber daya
alam non hayati yang berasal dari dalam bumi. Seperti, bahan tambang dan minyak
bumi.
b. Berdasarkan sifatnya,
sumber daya alam dibagi atas dua yaitu :
1. Sumber daya alam yang
dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang memiliki sifat dapat pulih
kembali. Dengan sifat tersebut, sumber daya alam ini dapat terus digunakan dan
tidak akan pernah abis. Contohnya, air, hewan dan tumbuhan.
Alasan mengapa air, hewan dan tumbuhan termasuk dalam sumber daya
alam yang dapat diperbaharui :
·
Air merupakan sumber daya alam yang secara terus menerus mengalami pembaharuan.
Pembaharuan tersebut terjadi dengan cara daur air.
·
Hewan dan Tumbuhan juga termasuk kedalam sumber daya alam yang dapat
diperbaharui. Hal itu disebabkan hewan dan tumbuhan dapat berkembang biak dan
menghasilkan keturunan.
2. Sumber daya alam yang
tidak dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang akan habis apabila
digunakan secara terus menerus. Contohnya, minyak bumi, batu bara, gas alam dan
bahan tambang lainnya.
2. Hubungan antara Sumber Daya Alam dan Lingkungan.
Coba perhatikan diri masing-masing, apa yang kamu
rasakan saat bernafas? Kamu akan merasakan adanya udara yang masuk. Udara yang
kamu hirup merupakan sumber daya alam. Lingkungan terdapat banyak sekali sumber
daya alam yang dapat dimanfaatkan. Lingkungan merupakan tempat bagi sumber daya
alam. Kita dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan baik jika lingkungan
berada dalam kondisi yang baik. Jika lingkungan terjadi kerusakan maka sumber
daya alam pun tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.
Kerusakan lingkungan dapat
menyebabkan mutu sumber daya alam menjadi tidak bagus. Selain itu, kerusakan
lingkungan juga dapat menyebabkan sumber daya alam hilang atau habis. Contoh
kerusakan lingkungan yang dapat mengurangi mutu mutu sumber daya alam adalah
pencemaran sungai. Jika terjadi pencemaran sungai maka sumber daya alam yang
ada di sungai seperti ikan akan mati atau dalam tubuhnya mengandung racun.
Oleh karena itu, agar
kita dapat memanfaatkan sumber daya alam debgan baik, maka kita harus
memelihara kebersihan linkungan dimana lingkungan merupakan tempat sumber daya
alam itu berada. Hal itu disebabkan sumber daya alam sangat berhubungan dan tidak
dapat dipisahkan dengan lingkungan.
.
F.
Metode atau Model Pembelajaran.
a. Metode : Ceramah dan
Learning Together ( kooperatif )
b. Model :
Think Pair And Share dan Cooperative Script
G. Kegiatan Pembelajaran.
Kegiatan
awal ( 5 menit)
a. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya
masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b.
Motivasi.
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
Kegiatan inti (50 menit)
Eksplorasi
·
Guru menyampaikan materi pokok yang akan di pelajari.
·
Siswa mencari informasi tentang hubungan sumber daya alam dengan
lingkungan.
·
Siswa bertanya jawab tentang hubungan sumber daya alam dengan lingkungan.
Elaborasi
·
Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen.
·
Guru membagikan materi kepada masing-masing kelompok.
·
Setelah masing-masing kelompok telah mendapatkan materi atau tugas, guru
mempersilakan masing-masing kelompok untuk mendiskusikan materi/tugas tersebut.
·
Guru memberikan kesempatan kepada perwakilan kelompok/ ketua untuk
mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
·
Guru meminta kepada kelompok yang lain untuk memperhatikan kelompok yang
sedang presentasi.
Konfirmasi
·
Memberikan umpan balik positif.
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman, memberikan
penguatan.
Kegiatan
Penutup (5 menit)
a.
Guru bersama-sama dengan siswa menarik
kesimpulan dari materi yang disampaikan.
b.
Memberikan tugas rumah.
c.
Berdoa.
H.
Media dan Sumber Belajar
Media
: Gambar tentang hubungan sumber daya alam
dengan linggkungan
Sumber belajar : Buku Pengetahuan Alam untuk Kelas IV SD/MI
I. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
11.1.1 Mengenal hubungan antara sumber
daya alam dengan lingkungan 11.1.2 Menuliskan hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan 11.1.3 Mendiskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan |
Tes Tertulis
|
Uraian
|
1. Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam ? 2.
jelaskan macam-macam sumber daya alam berdasarkan
sifatnya! 3.
Berikan contoh sumber daya alam hayati dan dapat
diperbaharui! 4.
Bagaimana hubungan antara sumber daya alam dengan
lingkungan ? |
Catatan:
Penskoran, jika betul
semua skor maksimal 20
Nilai akhir = ( nilai
yang diperoleh : nilai maksimal ) x 100
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Untuk yang memenuhi KKM
akan diadakan pengayaan.
KUDUS, 9 Desember 2015
Mengetahui Kepala
Sekolah Guru
Mapel
M. Noor Syamsul Huda
Miftahur RohmahS.Pd.
M.Pd
NIM : 1310310094
Nip :…………
No comments:
Post a Comment