Wednesday, December 30, 2015

Understanding the characteristics and needs of the living beings of SD PPT

Memahami Ciri-ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup SD PPT

mata pelajaran IPA untuk materi tentang memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup, bulan ,dan matahari, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini 
Oleh : Yeti Kusrini

Berikut RPP yang bisa dijadikan acauan untuk menggunakan power point ini:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Madrasah          : MI Mathali’ul Falah

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Kelas/Semester            : III/I

Materi                          : Memahami ciri-ciri makhluk hidup dan kebutuhan makhluk hidup serta    hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup

Alokasi Waktu            : 2 x 35 Menit

 

A.    Standar Kompetensi

1.      Memahami ciri-ciri makhluk hidup dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.

B.     Kompetensi Dasar

1.1  mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

1.2  Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.

1.3  Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat, dan olahraga).

C.     Indikator

1.      Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

2.      Menjelaskan penggolangan hewan.

3.      Menjelaskan penggolongan tumbuhan

4.      Menjelaskan pertumbuhan pada manusia

5.      Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia

6.      Menjelaskan pertumbuhan hewan dan tumbuhan

7.      Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.

D.    Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

2.      Siswa mampu menjelaskan penggolangan hewan.

3.      Siswa mampu menjelaskan penggolongan tumbuhan.

4.      Siswa mampu menjelaskan pertumbuhan pada manusia.

5.      Siswa mampu Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia.

6.      Siswa mampu Menjelaskan pertumbuhan hewan dan tumbuhan

7.      Siswa mampu Mendiskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.

 

E.     Metode pembelajaran

1.      Ceramah

2.      Diskusi

3.      Tanya Jawab

4.      Demonstrasi

F.      Media Pembelajaran

Gambar, laptop. Spidol

G.    Media Belajar

Buku LKS Kelas IV

H.    Langkah Pembelajaran

Tahap awal

Kegiatan

Waktu

keterangan

Kegiatan awal

1.      Guru memberikan salam

2.      Guru mengabsen kehadirab siswa

3.      Guru memberikan apresepsi berupa materi yang akan disampaikan

4.      Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok untuk berdiskusi penggolongan hewan dan tumbuhan

5 menit

Ceramah

Kegiatan inti

1.      Guru menjelaskan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup

2.       Guru meminta siswa bediskusi dengan kelompok masing-masing tentang penggolongan hewan dan tumbuhan

3.      Guru menunjuk salah satu dari setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi

4.      Guru menjelaskan faktor-faktor pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

 

 

25 menit

Ceramah

Diskusi

Demonstrasi

Kegiatan akhir

1.      Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya

2.      Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah di pelajari

3.      Guru memberikan tugas rumah

4.      Guru memberi motivasi dan salam penutup

5 menit

Tanya jawwab

 

I.       Penilaian hasil belajar

1.      Keatifan siswa dalam pembelajaran

2.      Hasil tugas harian siswa

3.      Hasil tugas semesteran siswa

 

 

 

 

 

                                                                                          Kudus, 14 desember 2015

Mengetahui

Kepala MI Mathali’ul Falah                                                     Guru kelas III

 

 

............................................                                                      ...........................

Miftahurrohmah, S.Pd, M.Sc                                                   Yeti kusrini

NIP :                                                                                         1310310086

No comments:

Post a Comment