Mengenal Berbagai Sifat Benda Dan Kegunaannya SD PPT
mata pelajaran IPA untuk materi tentang mengenal berbagai sifat benda dan kegunannya, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Faricha Zuliani
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah : MI Al-Muslim
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester : I/II
Materi :
Mengenal Berbagai Sifat Benda dan Kegunaannya Melalui Pengamatan Perubahan
Bentuk Benda
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
1. Memahami berbagai bentuk benda dan
sifatnya.
B. Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan berbagai macam bentuk benda
dan sifat benda.
C. Indikator Pembelajaran
1.1 Menjelaskan ciri-ciri benda dan sifatnya
melalui pengamatan.
1.2 Mendeskripsikan benda yang dapat berubah
bentuk dan benda yang tidak dapat berubah bentuk melalui pengamatan.
1.3 Menjelaskan kegunaan benda yang ada
disekitarnya.
D. Tujuan Pembelajaran
1.1
Siswa mampu mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar
berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
1.2
Siswa mampu mengenal benda yang dapat diubah bentuknya.
1.3
Siswa mampu mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
E. Metode Pembelajaran
Metode Ceramah, metode
Demonstrasi, metode Presentasi, metode Resitasi dan metode Tanya Jawab.
F. Media Pembelajaran
Gambar, batu, air,
kartu bergambar, air, gelas, botol, dan mangkuk.
G. Sumber Pembelajaran
1. Buku Paket IPA SD/MI Kelas I oleh Wiwik Winarti, Joko Winarto, dan Widha Sunarno,
BSE.
2. Buku LKS IPA SD/MI Semester II Kelas I
H. Langkah-langkah Pembelajaran
No. |
Tahapan
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1. |
Kegiatan
Awal |
a. Siswa menjawab salam dari guru. b. Guru mengkondisikan suasana kelas
menjadi kondusif. c. Siswa melaporkan temannya yang tidak
berangkat. d. Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari. e. Guru memberikan motivasi pada siswa. |
10
menit |
Ceramah
|
2. |
Kegiatan
Inti |
a. Siswa menjawab nama benda dari pertanyaan pancingan (stimulus) guru yang
diajukan dengan cara menunjukkan gambar benda atau membawa benda aslinya,
seperti batu, dan lain-lain. b. Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang macam-macam bentuk benda dan menyebutkan contoh benda dari bentuk
benda tersebut. c. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang
bentuk-bentuk benda yang ada di kelas. d. Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang permukaan benda, kemudian guru meminta siswa meraba benda-benda yang
ada di kelas dan siswa mengidentifikasi permukaan benda tersebut. e. Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang ukuran benda, kemudian menjawab pertanyaan guru tentang ukuran benda
yang dipegangnnya, seperti meja lebih besar daripada kursi. f. Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang warna benda dan bersama menyanyikan lagu pelangi-pelangi. g. Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang bau benda dan mengidentifikasi bersama tentang bau gambar yang
ditunjukkan oleh guru, seperti gambar tempat sampah. h. Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang rasa dari makanan atau benda. i.
Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang sifat benda padat, cair, dan gas secara
sederhana. j.
Guru
meminta 2 siswa untuk membuktikan sifat-sifat dari benda padat, cair dan gas,
seperti sifat dari zat cair dengan cara menuangkan air ke dalam wadah yang
berbeda-beda. k. Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang kegunaan benda dan menjawab bersama kegunaan dari benda-benda yang
ditanyakan oleh guru melalui gambar atau benda aslinya. l.
Guru
membagikan kartu bergambar secara acak pada siswa dan meminta siswa untuk
mengidentifikasi nama benda, ciri-ciri dan sifat benda, serta kegunaan benda
yang tergambar di kartu tersebut. m. Guru memberikan waktu kepada siswa
untuk mengidentifikasi gambar dari benda yang ada di kartu masing-masing dan
menuliskannya di kertas. n. Siswa mengumpulkan hasil indentifikasi
kepada guru. o. Guru memanggil secara acak beberapa
siswa untuk mempresentasikan/membacakan hasil dari pekerjaannya. |
50
menit |
Ceramah Demonstrasi Tanya
Jawab Presentasi
|
3. |
Kegiatan
Akhir |
a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi
yang telah dipelajari. b. Guru memberikan kesempatan siswa untuk
bertanya tentang bentuk benda dan sifatnya. c. Guru memberikan pekerjaan rumah yang
terdapat di LKS. d. Siswa bersama menyanyikan lagu
pelangi-pelangi. e. Siswa menjawab salam penutup dari
guru. |
10
menit |
Ceramah Resitasi |
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Keaktifan siswa dalam pembelajaran
(tanya jawab).
2. Hasil pengerjaan siswa di LKS
3. Hasil pengidentifikasian dari gambar benda
yang ada di kartu bergambar dan presentasi hasil pekerjaannya.
Mengetahui Kudus,
14 November 2015
Kapala
Madrasah MI Al-Muslim Guru IPA Kelas I
.................................................... ...............................
No comments:
Post a Comment