Wednesday, December 30, 2015

Knowing Various Nature And Its Use Of SD PPT

Mengenal Berbagai Sifat Benda Dan Kegunaannya SD PPT


mata pelajaran IPA untuk materi tentang mengenal berbagai sifat benda dan kegunannya, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Faricha Zuliani


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Madrasah          : MI Al-Muslim

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Kelas / Semester          : I/II

Materi                         : Mengenal Berbagai Sifat Benda dan Kegunaannya Melalui Pengamatan Perubahan Bentuk Benda

Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

 

A.    Standar Kompetensi

1.      Memahami berbagai bentuk benda dan sifatnya.

B.     Kompetensi Dasar

1.      Menjelaskan berbagai macam bentuk benda dan sifat benda.

C.     Indikator Pembelajaran

1.1  Menjelaskan ciri-ciri benda dan sifatnya melalui pengamatan.

1.2  Mendeskripsikan benda yang dapat berubah bentuk dan benda yang tidak dapat berubah bentuk melalui pengamatan.

1.3  Menjelaskan kegunaan benda yang ada disekitarnya.

D.    Tujuan Pembelajaran

1.1  Siswa mampu mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.

1.2  Siswa mampu mengenal benda yang dapat diubah bentuknya.

1.3  Siswa mampu mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.

E.     Metode Pembelajaran

Metode Ceramah, metode Demonstrasi, metode Presentasi, metode Resitasi dan metode Tanya Jawab.

F.      Media Pembelajaran

Gambar, batu, air, kartu bergambar, air, gelas, botol, dan mangkuk.

G.    Sumber Pembelajaran

1.      Buku Paket IPA SD/MI Kelas I oleh Wiwik Winarti, Joko Winarto, dan Widha Sunarno, BSE.

2.      Buku LKS IPA SD/MI Semester II Kelas I

 

H.    Langkah-langkah Pembelajaran

No.

Tahapan

Kegiatan

Waktu

Metode

1.       

Kegiatan Awal

a.       Siswa menjawab salam dari guru.

b.      Guru mengkondisikan suasana kelas menjadi kondusif.

c.       Siswa melaporkan temannya yang tidak berangkat.

d.      Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.

e.       Guru memberikan motivasi pada siswa.

10 menit

Ceramah

2.       

Kegiatan Inti

a.       Siswa menjawab nama benda dari  pertanyaan pancingan (stimulus) guru yang diajukan dengan cara menunjukkan gambar benda atau membawa benda aslinya, seperti batu, dan lain-lain.

b.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang macam-macam bentuk benda dan menyebutkan contoh benda dari bentuk benda tersebut.

c.       Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bentuk-bentuk benda yang ada di kelas.

d.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang permukaan benda, kemudian guru meminta siswa meraba benda-benda yang ada di kelas dan siswa mengidentifikasi permukaan benda tersebut.

e.       Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang ukuran benda, kemudian menjawab pertanyaan guru tentang ukuran benda yang dipegangnnya, seperti meja lebih besar daripada kursi.

f.       Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang warna benda dan bersama menyanyikan lagu pelangi-pelangi.

g.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang bau benda dan mengidentifikasi bersama tentang bau gambar yang ditunjukkan oleh guru, seperti gambar tempat sampah.

h.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang rasa dari makanan atau benda.

i.        Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang sifat benda padat, cair, dan gas secara sederhana.

j.        Guru meminta 2 siswa untuk membuktikan sifat-sifat dari benda padat, cair dan gas, seperti sifat dari zat cair dengan cara menuangkan air ke dalam wadah yang berbeda-beda.

k.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegunaan benda dan menjawab bersama kegunaan dari benda-benda yang ditanyakan oleh guru melalui gambar atau benda aslinya.

l.        Guru membagikan kartu bergambar secara acak pada siswa dan meminta siswa untuk mengidentifikasi nama benda, ciri-ciri dan sifat benda, serta kegunaan benda yang tergambar di kartu tersebut.

m.    Guru memberikan waktu kepada siswa untuk mengidentifikasi gambar dari benda yang ada di kartu masing-masing dan menuliskannya di kertas.

n.      Siswa mengumpulkan hasil indentifikasi kepada guru.

o.      Guru memanggil secara acak beberapa siswa untuk mempresentasikan/membacakan hasil dari pekerjaannya.

50 menit

Ceramah

Demonstrasi

Tanya Jawab

Presentasi

3.       

Kegiatan Akhir

a.       Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

b.      Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang bentuk benda dan sifatnya.

c.       Guru memberikan pekerjaan rumah yang terdapat di LKS.

d.      Siswa bersama menyanyikan lagu pelangi-pelangi.

e.       Siswa menjawab salam penutup dari guru.

10 menit

Ceramah

Resitasi

 

I.       Penilaian Hasil Belajar

1.      Keaktifan siswa dalam pembelajaran (tanya jawab).

2.      Hasil pengerjaan siswa di LKS

3.      Hasil pengidentifikasian dari gambar benda yang ada di kartu bergambar dan presentasi hasil pekerjaannya.

 

 

 

Mengetahui                                                                             Kudus, 14 November 2015

Kapala Madrasah MI Al-Muslim                                                          Guru IPA Kelas I

 

....................................................                                                        ...............................

 

No comments:

Post a Comment