Wednesday, December 30, 2015

Human Body Framework And Functions SD PPT

Kerangka Tubuh Manusia Dan Fungsinya SD PPT


mata pelajaran IPA untuk materi tentang kerangka tubuh manusia dan fungsinya, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Fitrotun Nisak


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Kelas/Semester : IV/I

Topik/Tema      : Kerangka Tubuh Manusia dan Fungsinya

Alokasi Waktu : 2x35 Menit

 

A.    Standar Kompetensi

1.      Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsi nya, serta pemeliharaannya.

B.     Kompetensi Dsar

1.1         Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

C.     Indikator

1.1.1        Mendefinisikan dan mnendiskripsikan kerangka tubuh manusia dengan baik dan benar

1.1.2        Menyebutkan bagian-bagian yang merupakan kerangka tubuh manusia dan fungsinya

1.1.3        Menyebutkan dan mendiskripsikan macam-macam bentuk tulang

1.1.4        Mendefinisikan rangka badan dan rangka anggota gerak

1.1.5        Mengidentifikasi jenis-jenis tulang

1.1.6         Mendefinisikan persendian, merawat rangka dan jenis-jenis penyakit bentuk rangka

D.    Tujuan Pembelajran

Setelah adanya pembelajaran tentang kerangka tubuh manusia dan fungsinya, siswa diharapkan :

1.      Mampu Mendefinisikan dan mnendiskripsikan kerangka tubuh manusia dengan baik dan benar

2.      Mampu menyebutkan bagian-bagian yang merupakan kerangka tubuh manusia dan fungsinya

3.      Mampu menyebutkan dan mendiskripsikan macam-macam bentuk tulang

4.      Mampu mendefinisikan rangka badan dan rangka anggota gerak

5.      Mampu mengidentifikasi jenis-jenis tulang

6.       Mampu mendefinisikan persendian, merawat rangka dan jenis-jenis penyakit bentuk rangka

E.     Materi Pembelajaran

Kerangka Tubuh Manusia meliputi :

Ø  Kerangka Tubuh Manusia dan Fungsinya

Ø  Bentuk dan Jenis Tulang kerangka Manusia

Ø  Persendian dan Penyakit pada Rangka Manusia

F.      Model dan Bentuk Pembeajaran

Ø  Model Pembelajaran

Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif dan teamwork.

Ø  Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang akan digunakan yaitu :

a.       Metode ceramah

b.      Metode tanya jawab

c.       Metode card short

d.      Metode praktik

e.       Metode inkuiri

G.    Langkah-Lnagkah Pembelajaran

tahapan

Kegiatan

Alokasi waktu

keterangan

Kegiatan awal

a.  Siswa menjawab salam gurus ecara bersamaan

b. Siswa bersama-sama berdoa dengan guru

c.  Siswa medapatkan motivasi dari guru

d. Guru meyampaikan judul materi tentang “kerangka tubuh manusia dan fungsinya”

e.  Guru meminta siswa untuk duduk berbentuk huruf “U”

f.  Guru memberikan apersepsi berupa pertanyaan-pertanyaan mengenai materi kerangka tubuh manusia dan fungsinya

g. Guru menyampaikan modeldan teknik pembelajaranyangakan diimplementasikan pada pembelajaran IPA materi tentang kerangka tubuh manusia dan fungsinya. Guru dalam pembelajaran menggunakan metode teamwork 

h. Guru membagikan kartu kepada siswa secara acak. Kartu yang dibagikan ada 3 macam, yaitu : kerangka tubuh manusia dan fungsinya, bentuk dan jenis tulang kerangka manusia, persendian dan penyakit ada kerangka tubuh manusia

i.   Siswa menerima kartu dalam keadaan baik

j.   Siswa membuka kartu secara bersama-sama setelah diberi intruksi kepada siswa

15 menit

Ø Metode ceramah

Ø Metode tanya jawab

Ø Metode cardshort

Kegiatan Inti

a.    Siswa duduk sesuai dengan kelompok masing- masing

b.    Setiap kelompok akan di dampingi oleh seorang guru

c.    Setiap kelompok akan mempraktekkan media yang telah disediakan oleh guru yang meliputi : praktek Kerangka Tubuh Manusia dan Fungsinya dengan bentuk gambar, Bentuk dan Jenis Tulang kerangka Manusia juga menggunakan gambar dan contoh gambar patung kerangkanya

Persendian dan Penyakit pada Rangka Manusia menggunakan gambar, serta membuat laporan praktikum pada kertas yang telah dibagikan oleh guru kepada setiap kelompok

d.   Penggunaan media pembelajaran secara bergantian antar kelompok, dimana penenmpatan media yang pertama disesuaikan dengan nama kelompoknya.

e.    Pertukaran media pembeajaran dilakukan oleh antar guru pendamping. Ketika siswa sedang melaksanakan praktek, guru mendampingi kelompok berperan sebagai fasilitator

f.       Setelah semua kelompok telah mempraktikkan ketiga media yang telah disediakan, salah satu siswa sebagai  perwakilan kelompok mempresentasikan hasil praktek yang telah dilaksanakan oelh kelompoknay di depan kelas. Untuk teknik presentasi bagi kelompok  Kerangka Tubuh Manusia dan Fungsinya hanya presentasi laporan praktek itu, kelompok Bentuk dan Jenis Tulang kerangka Manusia juga hanya mempresentasikannya saja dan Persendian dan Penyakit pada Rangka Manusia juga sama

g.    Setelah presentasi, lembar laporan praktek  dikumpulkan kepada  guru yang membimbing jalannya presentasi

h.    Guru mengulas hasil praktek siswa sekaligus menyampaikan materi tetang Kerangka Tubuh Manusia dan Fungsinnya dengan melakukan dialog interaktif kepada siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

48 menit

Ø Metode praktek

Ø Metode inkuiri

Ø Metode tanya jawab

Kegiatan Penutup

a.    Siswa bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi pembelajaran tentang Ketrangka Tubuh Manusia dan Fungsinya

b.    Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari ntuk pertemuan berikutnya

c.    Siswa bersama-sama mengucapkan hamdalah

d.   Siswa menjaab salam penutp dari guru

7 menit

Ø Metode tanya jawab

Ø Metode ceramah

 

H.    Media Pembelajaran dan Sumber Belajar

Ø  Media Pembelajaran

·         Gambar

·         Patung kerangka tubuh manusia

·         Pensi

·         Penghapus

·         Papan tulis

Ø  Sumber Belajar

·         Buku paket IlmuPengetahuan Alam Kelas IV unuk SD/MI karangan Sri Harmi

·         Buku LKS tematik untuk kelas IV MI

I.       Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi

Jenis Penilaian

Bentuk peniaian

Contoh isntrumen

1.1.1   Mendefinisikan dan mnendiskripsikan kerangka tubuh manusia dengan baik dan benar

1.1.2   Menyebutkan bagian-bagian yang merupakan kerangka tubuh manusia dan fungsinya

1.1.3   Menyebutkan dan mendiskripsikan macam-macam bentuk tulang

1.1.4   Mendefinisikan rangka badan dan rangka anggota gerak

1.1.5   Mengidentifikasi jenis-jenis tulang

1.1.6   Mendefinisikan persendian, merawat rangka dan jenis-jenis penyakit bentuk rangka

 

Tes tertulis

Tes objektif

1.    Apa yang dimaksud dengan kerangka tubuh manusia?

2.    Sebutkan bagian kerangka manusia!

3.    Sebutkan dan jeaskan apa yang dimaksud dengan bentuk tulang manusia !

4.    Apas aja nama jenis-jenis tulang

5.    Apa yang dimaksud dengan persendian?

6.    Bagaimana cara merawat rangka tubuh?

 

 

                                                                                    Kudus, 16 Desember 2015

Mengetahui,

Kepala Madrasah                                                        guru Kelas

 

 

Miftachurrohmah, S.pd, M, Sc.                                  Fitrotun Nisak

No comments:

Post a Comment