Kerangka Tubuh Manusia Dan Fungsinya SD PPT
mata pelajaran IPA untuk materi tentang kerangka tubuh manusia dan fungsinya, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Fitrotun Nisak
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester : IV/I
Topik/Tema : Kerangka
Tubuh Manusia dan Fungsinya
Alokasi Waktu : 2x35 Menit
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsi
nya, serta pemeliharaannya.
B.
Kompetensi Dsar
1.1
Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia
dengan fungsinya.
C.
Indikator
1.1.1
Mendefinisikan dan mnendiskripsikan kerangka tubuh manusia dengan
baik dan benar
1.1.2
Menyebutkan bagian-bagian yang merupakan kerangka tubuh manusia dan
fungsinya
1.1.3
Menyebutkan dan mendiskripsikan macam-macam bentuk tulang
1.1.4
Mendefinisikan rangka badan dan rangka anggota gerak
1.1.5
Mengidentifikasi jenis-jenis tulang
1.1.6
Mendefinisikan persendian,
merawat rangka dan jenis-jenis penyakit bentuk rangka
D.
Tujuan Pembelajran
Setelah adanya
pembelajaran tentang kerangka tubuh manusia dan fungsinya, siswa diharapkan :
1.
Mampu Mendefinisikan dan mnendiskripsikan kerangka tubuh manusia
dengan baik dan benar
2.
Mampu menyebutkan bagian-bagian yang merupakan kerangka tubuh
manusia dan fungsinya
3.
Mampu menyebutkan dan mendiskripsikan macam-macam bentuk tulang
4.
Mampu mendefinisikan rangka badan dan rangka anggota gerak
5.
Mampu mengidentifikasi jenis-jenis tulang
6.
Mampu mendefinisikan persendian,
merawat rangka dan jenis-jenis penyakit bentuk rangka
E.
Materi Pembelajaran
Kerangka Tubuh
Manusia meliputi :
Ø Kerangka Tubuh
Manusia dan Fungsinya
Ø Bentuk dan
Jenis Tulang kerangka Manusia
Ø Persendian dan
Penyakit pada Rangka Manusia
F.
Model dan Bentuk Pembeajaran
Ø Model
Pembelajaran
Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran
kooperatif dan teamwork.
Ø Metode
Pembelajaran
Metode pembelajaran yang akan digunakan yaitu :
a.
Metode ceramah
b.
Metode tanya jawab
c.
Metode card short
d.
Metode praktik
e.
Metode inkuiri
G.
Langkah-Lnagkah Pembelajaran
tahapan |
Kegiatan |
Alokasi waktu |
keterangan |
Kegiatan awal |
a. Siswa menjawab salam gurus ecara bersamaan b. Siswa bersama-sama berdoa dengan guru c. Siswa medapatkan motivasi dari guru d. Guru meyampaikan judul materi tentang “kerangka tubuh manusia dan
fungsinya” e. Guru meminta siswa untuk duduk berbentuk huruf “U” f. Guru memberikan apersepsi berupa pertanyaan-pertanyaan mengenai
materi kerangka tubuh manusia dan fungsinya g. Guru menyampaikan modeldan teknik pembelajaranyangakan diimplementasikan
pada pembelajaran IPA materi tentang kerangka tubuh manusia dan fungsinya.
Guru dalam pembelajaran menggunakan metode teamwork h. Guru membagikan kartu kepada siswa secara acak. Kartu yang
dibagikan ada 3 macam, yaitu : kerangka tubuh manusia dan fungsinya, bentuk
dan jenis tulang kerangka manusia, persendian dan penyakit ada kerangka tubuh
manusia i.
Siswa
menerima kartu dalam keadaan baik j.
Siswa
membuka kartu secara bersama-sama setelah diberi intruksi kepada siswa |
15 menit |
Ø Metode ceramah Ø
Metode
tanya jawab Ø Metode cardshort |
Kegiatan Inti |
a.
Siswa
duduk sesuai dengan kelompok masing- masing b.
Setiap
kelompok akan di dampingi oleh seorang guru c.
Setiap
kelompok akan mempraktekkan media yang telah disediakan oleh guru yang
meliputi : praktek Kerangka Tubuh Manusia dan Fungsinya dengan bentuk gambar,
Bentuk dan Jenis Tulang kerangka Manusia juga menggunakan gambar dan contoh
gambar patung kerangkanya Persendian
dan Penyakit pada Rangka Manusia menggunakan gambar, serta membuat laporan
praktikum pada kertas yang telah dibagikan oleh guru kepada setiap kelompok d.
Penggunaan
media pembelajaran secara bergantian antar kelompok, dimana penenmpatan media
yang pertama disesuaikan dengan nama kelompoknya. e.
Pertukaran
media pembeajaran dilakukan oleh antar guru pendamping. Ketika siswa sedang
melaksanakan praktek, guru mendampingi kelompok berperan sebagai fasilitator f.
Setelah semua kelompok telah mempraktikkan ketiga media yang
telah disediakan, salah satu siswa sebagai
perwakilan kelompok mempresentasikan hasil praktek yang telah
dilaksanakan oelh kelompoknay di depan kelas. Untuk teknik presentasi bagi
kelompok Kerangka Tubuh Manusia dan
Fungsinya hanya presentasi laporan praktek itu, kelompok Bentuk dan Jenis
Tulang kerangka Manusia juga hanya mempresentasikannya saja dan Persendian
dan Penyakit pada Rangka Manusia juga sama g.
Setelah
presentasi, lembar laporan praktek
dikumpulkan kepada guru yang
membimbing jalannya presentasi h.
Guru
mengulas hasil praktek siswa sekaligus menyampaikan materi tetang Kerangka
Tubuh Manusia dan Fungsinnya dengan melakukan dialog interaktif kepada siswa
|
48 menit |
Ø
Metode
praktek Ø
Metode
inkuiri Ø
Metode
tanya jawab |
Kegiatan Penutup |
a.
Siswa
bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi pembelajaran tentang Ketrangka
Tubuh Manusia dan Fungsinya b.
Guru
menyampaikan materi yang akan dipelajari ntuk pertemuan berikutnya c.
Siswa
bersama-sama mengucapkan hamdalah d.
Siswa
menjaab salam penutp dari guru |
7 menit |
Ø
Metode
tanya jawab Ø
Metode
ceramah |
H.
Media Pembelajaran dan Sumber Belajar
Ø Media
Pembelajaran
·
Gambar
·
Patung kerangka tubuh manusia
·
Pensi
·
Penghapus
·
Papan tulis
Ø Sumber Belajar
·
Buku paket IlmuPengetahuan Alam Kelas IV unuk SD/MI karangan Sri
Harmi
·
Buku LKS tematik untuk kelas IV MI
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Jenis Penilaian |
Bentuk peniaian |
Contoh isntrumen |
1.1.1
Mendefinisikan dan mnendiskripsikan kerangka tubuh manusia dengan
baik dan benar 1.1.2
Menyebutkan bagian-bagian yang merupakan kerangka tubuh manusia
dan fungsinya 1.1.3
Menyebutkan dan mendiskripsikan macam-macam bentuk tulang 1.1.4
Mendefinisikan rangka badan dan rangka anggota gerak 1.1.5
Mengidentifikasi jenis-jenis tulang 1.1.6
Mendefinisikan persendian, merawat rangka dan jenis-jenis
penyakit bentuk rangka
|
Tes tertulis |
Tes objektif |
1.
Apa yang dimaksud dengan kerangka tubuh manusia? 2.
Sebutkan bagian kerangka manusia! 3.
Sebutkan dan jeaskan apa yang dimaksud dengan bentuk tulang
manusia ! 4.
Apas aja nama jenis-jenis tulang 5.
Apa yang dimaksud dengan persendian? 6.
Bagaimana cara merawat rangka tubuh? |
Kudus,
16 Desember 2015
Mengetahui,
Kepala Madrasah guru
Kelas
Miftachurrohmah,
S.pd, M, Sc. Fitrotun
Nisak
No comments:
Post a Comment