Perubahan Benda SD PPT
mata pelajaran IPA untuk materi tentang perubahan benda, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Muhimmatul Husna
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Madrasah : MI NU Banat Kudus
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/Semester : 6 / I
Alokasi
waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami faktor penyebab perubahan benda
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menyebutkan faktor-faktor penyebab perubahan benda ( Pelapukan,
Perkaratan, Pembusukan ) melalui pengematan
C.
Indikator
1.
Siswa dapat menyebutkan macaam-macam perubahan benda
2.
Siswa dapat menyebutkan faktor penyebab perubahan benda
3.
Siswa dapaat menganalisis perubahan suatu benda
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu menyebutkan macam-macam perubahan benda dengan benar
2.
Siswa mampu menyebutkan faktor penyebab perubahan suatu benda
dengan benar.
3.
Siswa dapat menganalisis perubahan suatu benda dengan tepat.
E.
Materi Pelajaran
Faktor Perubahan Benda ( Pelapukan, Perkaratan, Pembusukan )
F.
Metode Pembelajaran
-
Metode Ceramah
-
Metode Tanya Jawab
-
Metode Demonstrasi
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Tahapan |
Kegiatan |
Waktu |
Keterangan |
Kegiatan Awal |
a.
Guru memberikan salam b.
Guru mengawali pelajaran dengan berdoa c.
Guru menanyakan kehadiran siswa d.
Guru bertanya tentang materi yang kemarin e.
Guru menyampaikan motivasi kepada siswa f.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran |
10 menit |
Metode Ceramah |
Kegiatan Inti |
1.
Guru menjelaskan macam-macam dan faktor penyebab perubahan benda 2.
Siswa mendengarkan dengan seksama 3.
Guru memperlihatkan barang yang merupakan perubahan benda
(pelapukan, perkaratan, pembusukan). 4.
Guru membawa barang yang maasih bagus dan barang yang sudah
mengalami perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan). 5.
Siswa mengamati proses. 6.
Siswa menyimpulkan sendiri hasil dari proses perubahan benda yang
telah diamati dengan membuat catatan 7.
Untuk penilaian hasil proses, siswa melakukan percobaan secara
berkelompok dengan mengamati perubahan benda dari benda yang masih bagus
sampai barang yang mengalami perubahan (pelapukan, perkaratan, pembusukan)
selama 1 minggu. 8.
Siswa mencatat hasil pengamatan di lembar portofolio. |
50 menit |
Metode Ceramah, Metode Demonstrai |
Kegiatan Penutup |
a.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
dengan metode tanya jawab b.
Guru memberikan salam penutup |
10 menit |
Metode Tanya Jawab |
H.
Sumber Pembelajaran
Buku paket Ilmu Pengetahuan Alam jilid 3 untuk SD dan MI kelas 6.
Penyusun Amin Priyono, dkk, BSE.
I.
Alat Pembelajaran
-
Kayu yang masih bagus
-
Kayu yang sudah rapuh
-
Paku yang masih bagus
-
Paku yang sudah berkarat
-
Roti yang masih bagus
-
Roti yang sudah busuk
J.
Penilaian
Siswa secara berkelompok melakukan pengamatan perubahan benda
(pelapukan, perkaratan, pembusukan) dari benda yang mereka bawa sebelumnya
yaitu paku yang belum berkarat, roti yang masih bagus, dan kayu. Siswa
mengamati selama 1 minggu, siswa menulis hasil perubahan setiap hari dan
menulisnya di lembar portofolio. Menggunakan metode Kooperatif atau
berkelompok.
Kudus, 16 Desember
2015
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
MIftahurrohmah,S.Pd. M.Si Muhimmatul
Husna
No comments:
Post a Comment