Benda Dan Penggunaannya SD PPT
mata pelajaran IPA untuk materi tentang benda dan penggunaannya, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Erine Fitniyah Mewas
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :MI
– Datuk Singaraja
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam
Topik/Tema :
Benda dan Penggunaannya Berdasarkan Sifatnya
Alokasi Waktu: 2 x 35 menit (2 Jam Pelajaran )
A.
Standar
Kompetensi
1.
Mengenal berbagai bentuk benda dan
kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
C.
Indikator
1.Menunjukkan
beragam jenis benda padat dan cair yang ada di sekitar.
2.Membedakan
ciri-ciri benda padat dan benda cair.
3.Mencari
contoh benda padat yang mudah berubah wujud menjadi cair dan sebaliknya benda
cair menjadi benda padat.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat :
1.Menyebutkan benda cair yang dapat berubah menjadi
benda padat.
2.Menyebutkan benda cair yang dapat berubah menjadi
benda cair.
3.Menceritakan perubahan yang terjadi pada benda
padat dan benda cair yang dapat berubah bentuk
4.Melakukan percobaan dari benda cair menjadi benda
padat dan sebaliknya benda padat menjadi cair.
E.
Materi
Pembelajaran
· Perubahan
wujud benda
F.
Model dan Metode
Pembelajaran
·
Model
Pembelajaran
Kooperatif
Learning
Metode Pembelajaran
ü Metode
Diskusi
ü Metode
inquiry
ü Metode
informasi
ü Metode
unjuk kerja
ü Metode
praktik langsung
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan Awal |
Alokasi Waktu |
|
Guru |
Siswa |
|
Menunjukkan contoh-contoh benda padat. |
Menyebutkan contoh-contoh benda padat. |
2 Menit |
Menunjukkan
contoh-contoh benda cair. |
Menyebutkan contoh-contoh benda cair. |
3 Menit |
Menyebutkan fenomena dalam kehidupan sehari-hari
yang berhubungan dengan proses perubahan wujud benda. |
Memperhatikan uraian guru |
5 Menit |
Kegiatan Inti |
Alokasi Waktu |
|
Guru |
Siswa |
|
Mengarahkan siswa menyebutkan sifat benda padat
dan benda cair. |
Menyebutkan sifat benda padat dan benda cair. |
|
Mengarahkan siswa menyebutkan benda cair yang
dapat berubah bentuk atara lain : proses pembuatan puding agar-agar |
Siswa menyebutkan benda cair yang dapat berubah
bentuk. |
|
Menyiapkan alat dan bahan yang membuat puding
agar-agar. |
Mencatat alat dan bahan yang diperlukan untuk
membuat puding agar-agar. |
|
Guru dengan dibantu beberapa siswa membuat puding
agar-agar usahakan ada guru pendamping untuk mengkondisikan siswa agar tidak
berebut untuk melakukan percobaan. |
Beberapa siswa membantu guru membuat puding
agar-agar dan yang lain memperhatikan cara membuat puding. |
|
Sambil membuat puding, guru menjelaskan proses dan
perubahan wujud benda yang terjadi dan akan terjadi, serta meminta siswa
untuk menuliskannya dibuku tugas. |
Mendengarkan penjelasan dari guru dan menulis
ringkasan penjelasan tersebut dibuku tugas. |
|
Membantu siswa untuk menceritakan proses
terjadinya perubahan benda cair menjadi padat. |
Menceritakan proses terjadinya perubahan yang
terjadinya pada benda cair menjadi padat dengan panduan dari guru. |
|
Kegiatan Akhir |
|
|
Guru |
Siswa |
|
Guru menyimpulkan kegiatan perubahan yang terjadi
pada proses pembuatan puding agar-agar. |
Mendengarkan dan menulis kesimpulan yang diuraikan
guru. |
|
Guru menjelakan bahwa kegiatan membuat peding
sebagai percobaan untuk mengganti perubahan wujud benda. |
Mengerjakan tugas |
|
Meminta siswa membuat laporan sederhana tentang
kegiatan ini |
Membuat laporan sederhana |
|
H. Media
Pembelajaran, Alat dan Sumber belajaran
·
Media Pembelajaran: LKS dan Gambar
·
Alat:
contoh benda padat, contoh benda cair, alat-alat tulis, alat dan bahan untuk
membuat puding agar-agar
· Sumber:
1.
Buku Paket Jelajah IPA Kelas IV SD karangan Rosa Kemala,
Penerbit Yudistira.
2.
Buku Paket Sains SD Kelas IV karangan Haryanto, Penerbit
Erlangga.
I.
Penilaian Hasil Belajar
a. Penilaian Proses
Dalam
penilaian proses, yang dinilai adalah keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran. Penilaian menggunakan lembar observasi (terlampir).
b. Penilaian Produk/Hasil
1.
Aspek yang dinilai
2.
Pengetahuan dan pemahaman konsep (kognitif) dinilai dari
hasil belajar soal-soal latihan, tugas individu (PR), dan tes tulis.
3.
Sikap (afektif) dinilai dari perilaku siswa dalam mengikuti
proses pembelajaran.
4.
Gerak (psikomotor) dinilai dari keaktifan siswa dalam
melakukan diskusi dan keaktifan menjawab pertanyaan ke depan kelas.
c. Bentuk Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
: Tes dan non tes
2.
Bentuk
Instrumen
: Uraian
3.
Jenis
Tes : Individu dan kelompok.
4.
Instrumen
Penilaian : Terlampir
Penilaian
Kudus,
09 Desember 2015
Mengetahui, Guru
Kelas
Kepala
Madrasah
............................ .........................
No comments:
Post a Comment