Monday, December 28, 2015

Style and Electric Circuit of SD PPT

Gaya dan Rangkaian Listrik SD PPT


mata pelajaran IPA untuk materi tentang gaya dan rangkaian listrik, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Ayu Fatmala


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah    : MI Roudlotus Shibyan Peganjaran

Mata Pelajaran      : IPA

Kelas/Semester      : 6 Semester II

Materi                    : Memahami hubungan antara gaya gerak dan perpindahan energy

Alokasi waktu       : 2 x 35 Menit

Pertemuan ke        : 1

 

I.                   Standar Kompetensi

Memahami hubungan antara gaya, gerak dan energy

 

II.                Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak, dan energy

 

III.             Indikator Pembelajaran

Siswa mampu mengidentifikasi pengertian gaya, gerak, energy listrik

 

IV.             Tujuan Pembelajaran

a.       Memahami hubungan antara gaya dan gerak

b.      Memahami perpindahan dan perubahan energy listrik

 

V.                Metode pembelajaran

1.      Ceramah

2.      Diskusi

3.      Tanya jawab

 

VI.             Media pembelajaran

 Kursi, meja, ketapel, dinding, batrai, kabel, lampu kecil

 

VII.          Sumber pembelajaran

a.       Buku paket IPA SD/MI kelas VI, oleh Amin Priyono dkk, terbitan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2009

 

a.      Langkah-langkah pembelajaran

1.      Pendahuluan

a.       Guru mengucap salam

b.      Guru mengkondisiskan kelas

c.       Guru mengatur tata letak tempat duduk

d.      Guru mengabsen kehadiran siswa

e.       Guru mengarahkan siswa tentang materi yang akan dipelajari

 

2.      Inti

a.       Guru membentuk 5  kelompok

b.      Guru memberikan peta konsep kepada siswa

c.       Guru menjelaskan tentang pengertian gaya, gerak

d.      Guru menjelaskan tentang hubungan antara gaya, gerak

e.       Guru menjelaskan tentang pengertian energy listrik

f.       Guru memberi intruksi untuk praktik tentang rangkaian listrik

g.      Guru membagikan kabel, batrai, dan lampu pada masing-masing kelompok

h.      Siswa antusias dalam praktik tersebut

i.        Guru mengamati siswa

 

3.      Penutup

a.       Guru dan siswa menyimpulkan materi

b.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum difahami

c.       Guru memberikan PR yang terdapat di Buku Paket

 

b.      Penilaian

1.      Keaktifan dalam pembelajaran (Tanya jawab)

2.      Hasil pengerjaan PR

                                                                                                                                                        

Kudus, 16 Desember 2015

Mengetahui,

Kepala Madrasah                                                                                       Guru mata pelajaran IPA

                                                                                                                  

                                                                                                                       

Miftahurrohmah, S.Pd, M.Sc                                                                          Ayu Fatmala

 

                                                                                                                   

No comments:

Post a Comment