Tuesday, December 29, 2015

Movement Objects SD PPT

Gerak Benda SD PPT


Mata pelajaran IPA untuk materi tentang Gerak Benda, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
 Oleh : Ana Fitrianingsih


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

 

Nama Madrasah          : MI NU Tarbiyah

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA)

Materi Pelajaran          : Gerak Benda

Kelas/ Semester           : III/II (Genap)

Alokasi Waktu            : 2 x 35 Menit

 

A.    Standar Kompetensi

4.      Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energy dan sumber energy.

B.      Kompetensi Dasar

4.1.  Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukurannya.

4.2.  Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.

4.3.  Mengidentifikasi gerak benda dan kegunaanya.

C.     Indikator Pencapaian

1.       Siswa  mampu menjelaskan pengertian Gerak benda.

2.      Siswa mampu menyimpulkan dan mendeskripsikan hasil pengamatan tentang Gerak Benda  di lingkungan sekitarnya.

3.      Siswa mampu mengidentifikasi gerak benda dan Kegunaanya.

D.    Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa  mampu menjelaskan pengertian Gerak benda.

2.      Siswa mampu menyimpulkan dan mendeskripsikan hasil pengamatan tentang Gerak Benda  di lingkungan sekitarnya.

3.      Siswa mampu mengidentifikasi gerak benda dan Kegunaanya.

 

 

 

E.     Metode Pembelajaran

1.      Metode Ceramah

2.      Metode Demonstrasi

3.      Metode Tanya Jawab

4.      Model Pembelajaran : Team Games Turnament (TGT)

F.      Langkah-langkah Pembelajaran pada Pertemuan Pertama

No

Tahapan Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Waktu Pembelajaran

Metode/Model Pembelajaran

1.

Kegiatan Awal

a.      Siswa menjawab salam dari guru.

b.      Siswa membaca basmalah bersama guru untuk mengawali pembelajaran.

c.      Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru tentang materi yang akan disampaikan yaitu “Gerak Benda”.

d.     Siswa mendengarkan tujuan mempelajari gerak benda dari penyampaian guru.

e.      Siswa mengubah bentuk tempat duduk yang telah diatur guru, yaitu tempat duduk dibagi menjadi 4 kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 5 siswa.

f.       Siswa mendengarkan penyampaian guru, bahwa guru akan menggunakan media proyektor.

g.       Kelompok  yang sudah bagi harus berkerjasama,  mendengarkan dan memperhatikan materi yang akan disampaikan guru. Karena diakhir pembelajaran akan ada games.

 

10 menit

Metode Ceramah, Tanya Jawab

2.

Kegiatan Inti

a.       Guru mengondisikan tempat duduk siswa dan mengfungsikan prokyektor.

b.      Guru menjelaskan materi gerak benda melalui proyektor PPT.

c.       Disetiap penjelasan materi guru memberikan contoh atau mendemonstrasikan contoh tersebut bersama siswa. seperti mendemonstrasikan cara benda bergerak dan akan dijelaskan di media pembelajaran (PPT).

d.      Setelah pembelajaran selesai, guru menyiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk game dalam bentuk kartu bernomor dan guru menyusunya di papan tulis dan siswa mempersiapkan diri dan kelompok  untuk bermain game bersama.

e.       Guru memberikan kartu warna kepada setiap kelompok sebagai lambing kelompok.

f.       Guru menjelaskan peraturan game. Dimana cara bermainnya adalah:

1.      Guru memberikan 10 pertanyaan sebagai jawaban rebutan, dengan waktu 5 detik dengan cara melambaikan kartu berwarna yang dimiliki siswa.

2.      Setiap jawaban memiliki skor dan skor akan terkumpul jika setiap kelompok dapat menjawab dengan benar. Dan skor akan dihitung setelah pertanyaan dari guru selesai.  Jika diantara salah satu kelompok memiliki skor  yang rendah maka kelompok tersebut gugur dan kelompok yang menang masuk ke babak turnamen.

3.      Dimana di babak turnamen, setiap kelompok memiliki 3 pertanyaan dengan memilih kartu bernomor yang telah disediakan guru.

4.      Setiap kelompok akan memilih kartu bernomor tersebut karna dibalik nomor tersebut terdapat pertanyaan.

5.      Waktu menjawab pertanyaan tersebut adalah 10 detik dan jika tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut  maka dapat dilempar kepada kelompok lainnya.

6.      Skor dapat diperoleh jika dapat menjawab dengan benar, dan skor yang paling tinggi itulah yang menang. Dan akhir dari permainan, kelompok yang menang akan mendapatkan reward.

 

50 menit

Metode ceramah, demonstrasi dan Model Pembelajaran  TGT

3.

Kegiatan Akhir

a.       Guru bersama siswa memberikan aplaus dan selamat kepada kelompok yang menang.

b.      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

c.       Guru memberikan semangat dan motivasi belajar kepada siswa.

d.      Guru memberikan tugas untuk mempelajari materi selanjutnya.

e.       Guru bersama siswa menutup pelajaran dengan hamdalah dan guru mengucapkan salam.

10 menit

Metode Ceramah, Tanya jawab

 

G.    Sumber Belajar

·         LKS Ilmu Pengetahuan Sosial, Kelas III Semester II, Solo: CV. Qayima Cendikia Globalindo

·         Buku Paket  IPA kelas III semester II

H.    Media Pembelajaran

·         LCD

·         Kertas Warna

·         Meja

·         Buku

·         Jam dinding

·         Gelas dan air

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

I.       Penelitian

Indicator Pencapaian Kompetensi

Jenis Penilaian

Bentuk Penilaian

Contoh Instrumen

1.   Siswa dapat menyebutkan cara-cara benda bergerak.

2.   Siswa dapat mengetahui bentuk-bentuk energy

3.   Siswa dapat mengetahui kegunaan gerak benda dan energy di dalam kehidupan sehari-hari.

Tes lisan dan

 Tes Tertulis.

Tes Subyektif

1.      Sebutkan cara-cara benda bergerak dan apa saja factor yang mempengaruhi benda gerak?

2.      Apa saja bentuk-bentuk energy?

3.      Sebutkan kegunaan gerak benda dan energy di dalam kehidupan sehari-hari?

 

 

 

 

                                                                                                Kudus, 10 Desember 2015

Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran IPA

MI NU Tarbiyah

 

 

Miftahurrahmah, S.Pd.I                                                                 Ana Fitrianingsih

No comments:

Post a Comment