Gerak Benda SD PPT
Mata pelajaran IPA untuk materi tentang Gerak Benda, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Ana Fitrianingsih
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Madrasah : MI NU Tarbiyah
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA)
Materi
Pelajaran : Gerak Benda
Kelas/
Semester : III/II (Genap)
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
A. Standar
Kompetensi
4. Memahami
berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energy dan sumber energy.
B. Kompetensi Dasar
4.1.
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa
gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukurannya.
4.2.
Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang
gerak benda dalam kehidupan sehari-hari.
4.3.
Mengidentifikasi gerak benda dan
kegunaanya.
C. Indikator
Pencapaian
1. Siswa
mampu menjelaskan pengertian Gerak benda.
2. Siswa
mampu menyimpulkan dan mendeskripsikan hasil pengamatan tentang Gerak Benda di lingkungan sekitarnya.
3. Siswa
mampu mengidentifikasi gerak benda dan Kegunaanya.
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian Gerak benda.
2. Siswa
mampu menyimpulkan dan mendeskripsikan hasil pengamatan tentang Gerak Benda di lingkungan sekitarnya.
3. Siswa
mampu mengidentifikasi gerak benda dan Kegunaanya.
E. Metode
Pembelajaran
1. Metode
Ceramah
2. Metode
Demonstrasi
3. Metode
Tanya Jawab
4. Model
Pembelajaran : Team Games Turnament (TGT)
F. Langkah-langkah
Pembelajaran pada Pertemuan Pertama
No |
Tahapan
Pembelajaran |
Kegiatan
Pembelajaran |
Waktu
Pembelajaran |
Metode/Model
Pembelajaran |
1. |
Kegiatan Awal |
a. Siswa menjawab salam dari guru. b. Siswa membaca basmalah bersama guru untuk
mengawali pembelajaran. c. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru
tentang materi yang akan disampaikan yaitu “Gerak Benda”. d. Siswa mendengarkan tujuan mempelajari gerak benda dari
penyampaian guru. e. Siswa mengubah bentuk tempat duduk yang telah
diatur guru, yaitu tempat duduk dibagi menjadi 4 kelompok dan setiap kelompok
terdiri dari 5 siswa. f. Siswa mendengarkan penyampaian guru, bahwa guru
akan menggunakan media proyektor. g. Kelompok yang sudah bagi harus berkerjasama, mendengarkan dan memperhatikan materi yang
akan disampaikan guru. Karena diakhir pembelajaran akan ada games.
|
10
menit |
Metode Ceramah, Tanya
Jawab |
2. |
Kegiatan Inti |
a. Guru mengondisikan tempat duduk siswa dan
mengfungsikan prokyektor. b. Guru menjelaskan materi gerak benda melalui
proyektor PPT. c. Disetiap penjelasan materi guru memberikan contoh atau
mendemonstrasikan contoh tersebut bersama siswa. seperti mendemonstrasikan
cara benda bergerak dan akan dijelaskan di media pembelajaran (PPT). d. Setelah pembelajaran selesai, guru menyiapkan
pertanyaan-pertanyaan untuk game dalam bentuk kartu bernomor dan guru
menyusunya di papan tulis dan siswa mempersiapkan diri dan kelompok untuk bermain game bersama. e. Guru memberikan kartu warna kepada setiap kelompok
sebagai lambing kelompok. f. Guru menjelaskan peraturan game. Dimana cara
bermainnya adalah: 1. Guru memberikan 10 pertanyaan sebagai jawaban
rebutan, dengan waktu 5 detik dengan cara melambaikan kartu berwarna yang
dimiliki siswa. 2. Setiap jawaban memiliki skor dan skor akan
terkumpul jika setiap kelompok dapat menjawab dengan benar. Dan skor akan
dihitung setelah pertanyaan dari guru selesai. Jika diantara salah satu kelompok memiliki
skor yang rendah maka kelompok
tersebut gugur dan kelompok yang menang masuk ke babak turnamen. 3. Dimana di babak turnamen, setiap kelompok memiliki
3 pertanyaan dengan memilih kartu bernomor yang telah disediakan guru. 4. Setiap kelompok akan memilih kartu bernomor
tersebut karna dibalik nomor tersebut terdapat pertanyaan. 5. Waktu menjawab pertanyaan tersebut adalah 10 detik
dan jika tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut maka dapat dilempar kepada kelompok
lainnya. 6. Skor dapat diperoleh jika dapat menjawab dengan
benar, dan skor yang paling tinggi itulah yang menang. Dan akhir dari
permainan, kelompok yang menang akan mendapatkan reward.
|
50
menit |
Metode ceramah,
demonstrasi dan Model Pembelajaran TGT |
3.
|
Kegiatan
Akhir |
a. Guru bersama siswa memberikan aplaus dan selamat
kepada kelompok yang menang. b. Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi
yang telah dipelajari. c. Guru memberikan semangat dan motivasi belajar
kepada siswa. d. Guru memberikan tugas untuk mempelajari materi
selanjutnya. e. Guru bersama siswa menutup pelajaran dengan
hamdalah dan guru mengucapkan salam. |
10
menit |
Metode
Ceramah, Tanya jawab |
G.
Sumber Belajar
·
LKS Ilmu
Pengetahuan Sosial, Kelas III Semester II, Solo: CV. Qayima Cendikia Globalindo
·
Buku Paket IPA kelas III semester II
H.
Media
Pembelajaran
·
LCD
·
Kertas Warna
·
Meja
·
Buku
·
Jam dinding
·
Gelas dan air
I.
Penelitian
Indicator
Pencapaian Kompetensi |
Jenis
Penilaian |
Bentuk
Penilaian |
Contoh
Instrumen |
1. Siswa dapat menyebutkan cara-cara benda bergerak. 2. Siswa dapat mengetahui bentuk-bentuk energy 3. Siswa dapat mengetahui kegunaan gerak benda dan
energy di dalam kehidupan sehari-hari. |
Tes
lisan dan Tes Tertulis. |
Tes
Subyektif |
1. Sebutkan cara-cara benda bergerak dan apa saja
factor yang mempengaruhi benda gerak? 2. Apa saja bentuk-bentuk energy? 3. Sebutkan kegunaan gerak benda dan energy di dalam
kehidupan sehari-hari? |
Kudus,
10 Desember 2015
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran IPA
MI
NU Tarbiyah
Miftahurrahmah,
S.Pd.I Ana Fitrianingsih
No comments:
Post a Comment