Kondisi Lingkungan Terhadap Kesehatan
Mata pelajaran IPA untuk materi tentang kondisi lingkungan terhadap kesehatan, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : M. Zakki Munabbih S.RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah :
MI Tarbiyatul Ulum
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester :
III/I
Materi :
Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan,
dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
Memahami kondisi
lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.
B. Kompetensi Dasar
Ø
Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan
pengamatan.
Ø
Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan.
Ø
Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
C.
Indikator
Pembelajaran
Ø Melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan
lingkungan sekolah
Ø Mengklasifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
Ø Memberi contoh benda padat
Ø Menuliskan contoh benda cair
Ø Menyebutkan contoh benda gas
Ø
Mengidentifikasi
benda-benda di lingkungan sekolah
Ø Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan
kegunaannya
Ø Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan
kegunaannya
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan
kegiatan pembelajaran siswa dapat:
Ø
Membandingkan perbedaan antara lingkungan sehat dengan lingkungan tidak
sehat.
Ø
Menjelaskan pengaruh kondisi lingkungan terhadap kesehatan masyarakat.
Ø
Mempraktikkan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar.
E. Metode Pembelajaran
Metode observasi, diskusi,
dan praktik.
F. Sumber Pembelajaran
Ø
Buku materi IPA SD kelas III
Ø
Referensi lain yang relevan
Ø
Alat dan bahan praktikum
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Guru memberikan salam
·
Guru mengawali pembelajaran dengan berdo’a
·
Guru mengabsen kehadiran siswa
·
Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan dibahas
·
Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan saksama
2. Kegiatan Inti
·
Guru memberikan penjelasan mengenai materi lingkungan dan kesehatan
·
Siswa mengamati lingkungan sekitar sekolahnya untuk mengidentifikasi
keadaannya
·
Siswa melakukan diskusi untuk membahas hasil pengamatannya
·
Siswa mencari informasi mengenai jenis dari penyebab pencemaran serta
akibatnya bagi kesehatan
3. Kegiatan Penutup
·
Siswa membuat kesimpulan, catatan, rangkuman, dan mengerjakan soal-soal
evaluasi
·
Tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaan
H. Penilaian Hasil Belajar
Ø
Pemahaman dan Penerapan Konsep :
Bentuk
instrumen: Pilihan Ganda, Isian, dan Uraian
Kudus,
12 Desember 2015
Kepala Madrasah Guru
Kelas
Miftahurrohmah,
S.Pd.M.Si M
Zakki Munabbih S
No comments:
Post a Comment