Perkembangbiakan SD PPT
Mata pelajaran IPA untuk materi tentang perkembangbiakan, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Nurul Fitriyana
RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN (
RPP )
Nama
Madrasah : SDN 02 Karanganyar
Demak
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
: VI Semester 1
Materi : Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Alokasi
Waktu : 35 x 2 menit
v Standar
Kompetensi
Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
v Kompetensi
Dasar
1. Mendeskripsikan
perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
2. Mendeskripsikan
ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
3. Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
4. Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan manusia
v Indikator
Siswa mampu memahami dan menjelaskan ciri-ciri
perkembangan dan perkembangbiakan makhluk hidup.
v Tujuan
Pembelajaran
1. Mendiskusikan
perubahan fisik tubuh laki-laki dan perempuan pada masa pubertas dan
pengaruhnya
2. Mengamati
dan menjelaskan berbagai cara hewan berkembangbiak
3. Membedakan
ciri-ciri hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur dan dengan cara
melahirkan
4. Menyimpilkan
bahwa tumbuhan berkembangbiak dengan cara vegetative atau generative
5. Mengamati
dan menjelaskan bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan
tumbuhan
6. Menjelaskan
peran penyerbukan
7. Mempraktikkan
cara membiakkan tumbuhan, misalnya dengan stek dan cangkok.
v Karakter
Siswa yang Diharapkan
Disiplin, rasa hormat, perhatian, tekun, tanggung
jawab dan ketelitian
v Strategi
Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran CTL
2. Metode
Pembelajaran
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Praktik
·
Evaluasi
3. Media
Pembelajaran
·
LCD
·
Ranting pohon
·
Pisau
·
Tanah
4. Sumber
Belajar
1. Buku
paket IPA SD/MI Kelas VI, oleh Amin Priyono dkk, terbitan Departemen Pendidikan
Nasional
2. Buku
LKS IPA SD/MI Kelas VI
3. Buku-Buku
yang relevan lainnya
5. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru
mengucapkan salam
b. Guru
meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a
c. Guru
mengabsen kehadiran siswa sebelum pelajaran dimulai
d. Guru
memberikan apersepsi untuk membuat siswa lebih semangat belajar dengan cara “melakukan Tanya jawab untuk mengaitkan materi pelajaran yang akan diajarkan kemudian
memperlihatkan gambar perkembangan manusia melalui pembelajaran”
2. Kegiatan
Inti
o
Eksplorasi
-
Menjelaskan
bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
-
Memahami peta
konsep tentang perkembangbiakan makhluk hidup
-
Peserta didik
secara aktif mengamati gambar tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia
melalui media audio visual
o
Elaborasi
-
Guru membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok diskusi
-
Guru membagikan
lembar kerja yang harus diisi oleh masing-masing kelompok
-
Guru menugaskan
siswa untuk mendiskusikan lembar kerja yang telah diberikan
-
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa dalam diskusi untuk bertanya, berpikir, menganalisis,
dan bertindak tanpa rasa takut
-
Guru
memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja diskusi dari masing-masing
kelompok
o
Konfirmasi
-
Guru bertanya
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru bersama
siswa bertanya jawab, meluruskan kesalah pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Penutup
§ Guru
memberikan kesimpulan dari penjelasan yang telah dipelajari
§ Guru
mengadakan evaluasi
§ Guru
mengumumkan hasil dari evaluasi
v Penilaian
Hasil Belajar
1. Keaktifan
siswa dalam pembelajaran ( tanya jawab & diskusi)
2. Hasil
evaluasi yang diberikan guru
3. Ketepatan
dan kebenaran siswa dalam berdiskusi
Demak,
12 Desember 2015
Mengetahui
Kepala SDN 02 Karanganyar Guru
pengampu
Noor
Afandi
Nurul Fitriyana
No comments:
Post a Comment