Struktur Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya SD PPT
mata pelajaran IPA untuk materi tentang struktur bagian tumbuhan dan fungsinya, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Lina Alfina T. M.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah : MI Al-Mubarokah
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
IV / I ( Ganjil )
Tema : Memahami hubungan antara struktur bagian
tumbuhan dan fungsinya
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
Pertemuan : Pertemuaan ke 4
A.
Standar
Kompetensi
1.1
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan beserta fungsinya
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menjelaskan hubungan antara struktur akar
tumbuhan dengan fungsinya.
1.2 Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
•
Menyebutkan fungsi akar bagi tumbuhan
• Menyebutkan bagian-bagian akar dan fungsinya
• Menyebutkan jenis-jenis akar
• Menyebutkan perbedaan dan kesamaan struktur batang dikotil
dan monokotil
• Mendemonstrasikan proses transportasi pada batang
tumbuhan
• Menyebutkan fungsi struktur batang tumbuhan
• Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan
fungsinya
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Menyebutkan
fungsi akar bagi tumbuhan
2. Menyebutkan
bagian-bagian akar dan fungsinya
3. Menyebutkan
jenis-jenis akar
4. Menyebutkan
perbedaan dan kesamaan struktur batang dikotil dan monokotil
5. Mendemonstrasikan
proses transportasi pada batang tumbuhan
6. Menyebutkan
fungsi struktur batang tumbuhan
7. Menjelaskan
hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
E.
Materi Pelajaran
Memahami
hubungan antara srtuktur bagian tumbuhan beserta fungsinya
F.
Model dan Metode
Pembelajaran
Ø Model
Pembelajaran : Cooperative Learning
Ø Metode
Pembelajaran : 1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4. Demonstrasi
5. Eksperimen
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
No. |
Kegiatan |
Waktu |
Metode |
1. |
Pendahuluan 1.
Guru memulai
dengan ucapan salam kemudian mengajak berdoa bersama sebelum memulai KBM. 2.
Guru Mengabsen
kehadiran peserta didik. 3.
Guru
menyampaikan tema yang akan di pelajari, kemudian guru mengadakan kuis untuk
mengetahui kemampuan dan kesiapan peserta didik berkaitan dengan struktur
tumbuhan beserta fungsinya yang akan
di tanyakan. 4.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. 5.
Guru
menanyakan materi yang pernah di ajarkan kepada siswa untuk mengulas materi
sebentar. 6.
Guru
menjelaskan kepada siswa tentang model pembelajaran yang akan di lakukan
yaitu Cooperative Learning. 7.
Guru
menyampaikan motivasi kepada siswa tentang pentingnya mempelajari Struktur
bagian tumbuhan beserta fungsinya. 8.
Guru membagi
siswa dalam beberapa kelompok.
Kegiatan Inti 1.
Eksplorasi 1. Guru menyampaikan suatu pertanyaan tentang
hubungan antara struktur akar tumbuhan dan fungsinyauntuk mengetahui
seberapa jauh pengetahuan dasar yang dimiliki siswa dari topik
pembelajaran hari ini. Pertanyaan: -
Apakah guna
akar bagi tumbuhan? -
Apa manfaat
bentuk akar yang meruncing bagi
tumbuhan ? -
Sebutkan bagian-bagian akar? Jawab : -
Untuk
menguatkan tanah, menyerap air dan zat hara dalam tanah. -
Untuk membantu
memeasukkan ke dalam tanah. Tudung akar, bulu akar. 2. Guru menyampaikan suatu pertanyaan yang
berhubungan dengan jenis-jenis batang untuk mengetahui seberapa jauh
pengetahuan dasar yang dimiliki siswa dari topic pembelajaran hari
ini . Pertanyaan:
-
Jenis batang tumbuhan apa sajakah yang kamu ketahui? -
Pohon mangga tergolong jenis batang
apa?
Jawab: - Batang basah, batang berkayu, batang rumput.
-
Batang berkayu. 2.
Elaborasi 1.
Siswa diminta melakukan kegiatan untuk mengetahui bentuk dan kegunaan akar. 2.
Siswa membandingkan bentuk akar
tumbuhan yang ada. 3.
Tiap kelompok menerima kartu permasalahan yang berbeda: a. Mengamati dan mengidentifikasikan
bagian-bagian batang
dan
kegunaan batang bagi tumbuhan itu sendiri. b. Mengamati dan mengidentifikasi
jenis batang tumbuhan. c. Siswa melakukan pengamatan
langsung. Kegiatan
Penutup Guru
melakukan refleksi 1. Inti dari hasil presentasi, siswa mengenal
struktur akar tumbuhan dengan
fungsinya. 2. Manfaat bagi siswa dalam mempelajari fungsi akar,
siswa dapat mengenal
jenis-jenis tumbuhan dan bentuk akar yang dimilikinya. 3. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa. 4. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah
di pelajari dengan metode tanya jawab. 5. Guru memberikan tugas rumah yang di kerjakan
secara individu. 6. Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih
rajin belajar. 7. Guru menutup pembelajaran bersama. 8. Guru mengucapkan salam penutup sebelum keluar
kelas.
|
10 menit
50 menit
10 menit
|
Memanamkan sifat
religious terhadap siswa.
Menumbuhkan rasa
ingin tahu terhadap siswa.
Diskusi Siswa
di minta untuk melakukan eksperimen.
Ceramah |
H.
Media / Sumber
Belajar
1. Sumber
Belajar : Buku paket IPA kelas 4 semester 1 untuk siswa SD / MI beserta LKS,
Pengarang Ikhwan Wahyudi, penerbit BSE.
2. Media
: Vidio yang di perlihatkan untuk menunjang
proses pembelajaran
·
Papan tulis dan
Spidol.
·
Proyektor untuk
menampilakan hal berkaitan dengan pembelajran.
·
Gambar – gambar
yang berisikan tentang struktur tumbuhan beserta fungsinya.
I.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian : Tes tertulis, Lisan dan
Keaktifan dalam kelas.
2. Bentuk
Instrumen : Soal uraian dan dalam menjawab pertanyaan, Sikap,dan keaktifan siswa dalam
kelas, dan kehadiran.
3. Soal
instrumen :
a. Soal
Uraian
1. Sebutkan
struktur tumbuhan beserta fungsinya
2. Sebutkan
bagian-bagian yang ada di dalam bunga
3. Sebutkan
fungsi batang dan akar pada tumbuhan
4. Sebutkan
tumbuhan yang berbiji satu dan dua
5. Sebutkan
macam-macam akar tumbuhan
b. Sikap
1. Perilaku
siswa selama mengikuti pelajaran
2. Baik
dan tidak nya siswa terhadap guru.
3. Perilaku
siswa selama di dalam kelas.
4. Perilaku
siswa terhadap teman sekelas.
5. Perilaku
siswa dalam merespon pembelajaran di kelas.
c. Keaktifan
1. Respon
anak selama proses pembelajaran berlangsung.
2. Pemahaman
terhadap materi yang di sampaikan oleh guru.
3. Guru
memberikan soal kepada siswa untuk mengetes apakah materi yang di sampaikan
anak paham.
d. Kehadiran
1. Keterangan
siswa selama tidak berangkat sekolah antara sakit, ijin, atau tanpa keterangan.
2. Tidak
sekolah tanpa keterangan berturut-turut.
Kudus, 16 Desember 2015
Mengetahui
Kepala MI........................
Guru Mata Pelajaran
( Miftahurrohmah, S.Pd, M.Sc. ) ( Lina Alfina Thiwari Madnur )
Nim : 1310310095
No comments:
Post a Comment