Wednesday, December 30, 2015

The Sun As The Solar System Center SD PPT

Matahari Sebagai Pusat Tata Surya SD PPT

mata pelajaran IPA untuk materi tentang matahari sebagai pusat tata surya, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Fathul Wahab


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Madrasah           : MI Miftahul Falah

Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Kelas/Semester                        : VI / II

Alokasi Waktu             : 2 x 35 Menit

A.     Standar Kompetensi

1.      Memahami matahari sebagai pusat   tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya.

B.     Kompetensi Dasar

1.      Mendiskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya.

2.      Mendiskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan.

C.     Indikator

1.      Siswa mampu menjelaskan sistem tata surya

2.      Siswa mampu menjelaskan planet-planet dalam tata surya.

3.      Siswa Mampu menjelaskan benda langit selain planet.

4.      Siswa mampu mendiskripsikan peristiwa rotasi dan revolusi  bumi serta akibatnya.

D.     Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat mengetahui  sistem tata surya

2.       Siswa dapat mengetahui  planet-planet dalam tata surya.

3.      Siswa dapat mengetahui  benda langit selain planet.

4.      Siswa dapat mengetahui peristiwa rotasi dan revolusi  bumi serta akibatnya.

E.      Metode pembelajaran

Ceramah, Tanya jawab, Diskusi dan praktik.

F.      Media Pembelajaran

LCD proyektor, Laptop, buku, senter, bola atom.

G.     Sumber Belajar

Power point, Buku paket kelas 6, LKS Al Hikmah

H.     Langkah-Langkah Pembelajaran

1.      Pendahuluan (5 menit)

a.       Guru mengucapkan salam dan mengawali pembelajaran dengan berdo’a.

b.      Guru mengabsen siswa

c.       Guru  memberikan pertanyaan pancingan tentang benda-benda yang ada langit.

2.      Inti (60 menit)

a.       Siswa memperhatikan materi yang di sampaikan guru dengan tayangan  Microsoft power point.

b.      Guru memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami.

c.       Guru membagi siswa menjadi 9 kelompok.

d.      Guru memberi satu temauntuk di jelaskan pada setiap kelompok, temanya yaitu matahari dan 8 planet, kemudian di diskusikan.

e.       Guru meminta kepada perwakilan setiap kelompok untuk menjelaskan sesuai tema.

f.       Guru memberikan praktik contoh rotasi bumi dengan menggunakan senter dengan bola. Apabila senter di hidupkan ke bola otomatis sebagian akan terang dan baliknya pun gelap.

g.       Guru memberi  kesempatan  kepada siswa untuk mempraktikkan.

3.      Penutup (5 menit)

a.       Guru bersama siswa menyimpulkan  materi yang telah di pelajari.

b.      Guru memberikan soal-soal lewat power point pada setiap siswa.

c.       Guru menutup pembelajaran dengan berdo’a dan mengucapkan salam.

I.        Penilaian

1.      Keaktifan Siswa di Kelas ( Tanya Jawab );

2.      Kekompakan dalam kelompok;

3.      Hasil pengerjaan melalui power point.

 

Mengetahui,                                                          Jepara, 15 Desember 2015

Kepala MI Miftahul Falah                                     Guru Kelas

 

 

 

ABDUL ROSYID  S. Pd I.                                  FATHUL WAHAB

No comments:

Post a Comment