mata pelajaran IPA untuk materi tentang matahari sebagai pusat tata surya, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Fathul Wahab
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah : MI Miftahul Falah
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami matahari sebagai pusat
tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya.
B.
Kompetensi Dasar
1.
Mendiskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya.
2.
Mendiskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi
bulan.
C.
Indikator
1.
Siswa mampu menjelaskan sistem tata surya
2.
Siswa mampu menjelaskan planet-planet dalam tata surya.
3.
Siswa Mampu menjelaskan benda langit selain planet.
4.
Siswa mampu mendiskripsikan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta akibatnya.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat mengetahui sistem tata surya
2.
Siswa dapat mengetahui planet-planet dalam tata surya.
3.
Siswa dapat mengetahui benda
langit selain planet.
4.
Siswa dapat mengetahui peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta akibatnya.
E.
Metode pembelajaran
Ceramah, Tanya
jawab, Diskusi dan praktik.
F.
Media Pembelajaran
LCD proyektor,
Laptop, buku, senter, bola atom.
G.
Sumber Belajar
Power point, Buku paket kelas 6, LKS Al Hikmah
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pendahuluan (5 menit)
a.
Guru mengucapkan salam dan mengawali pembelajaran dengan berdo’a.
b.
Guru mengabsen siswa
c.
Guru memberikan pertanyaan
pancingan tentang benda-benda yang ada langit.
2.
Inti (60 menit)
a.
Siswa memperhatikan materi yang di sampaikan guru dengan
tayangan Microsoft power
point.
b.
Guru memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya tentang materi
yang belum dipahami.
c.
Guru membagi siswa menjadi 9 kelompok.
d.
Guru memberi satu temauntuk di jelaskan pada setiap kelompok,
temanya yaitu matahari dan 8 planet, kemudian di diskusikan.
e.
Guru meminta kepada perwakilan setiap kelompok untuk menjelaskan
sesuai tema.
f.
Guru memberikan praktik contoh rotasi bumi dengan menggunakan
senter dengan bola. Apabila senter di hidupkan ke bola otomatis sebagian akan
terang dan baliknya pun gelap.
g.
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mempraktikkan.
3.
Penutup (5 menit)
a.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah di pelajari.
b.
Guru memberikan soal-soal lewat power point pada setiap
siswa.
c.
Guru menutup pembelajaran dengan berdo’a dan mengucapkan salam.
I.
Penilaian
1.
Keaktifan Siswa di Kelas ( Tanya Jawab );
2.
Kekompakan dalam kelompok;
3.
Hasil pengerjaan melalui power point.
Mengetahui, Jepara, 15
Desember 2015
Kepala MI Miftahul Falah Guru Kelas
ABDUL ROSYID S. Pd I. FATHUL
WAHAB
No comments:
Post a Comment