Wednesday, December 30, 2015

Special Feature Of Living Beings And Its Environment SD PPT

Ciri Khusus Makhluk Hidup Dan Lingkungannya SD PPT


mata pelajaran IPA untuk materi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungannya, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Siti Noor Wakhidah


Ø IDENTITAS PEMBUAT

Nama                      : Siti Noor Wakhidah

Kelas                      : PGMI-C

NIM                       : 1310310096

Mata Kuliah           : Pembelajaran IPA MI/SD

Dosen                     : Miftahurrahmah, S. Pd., M. Si.

 

Ø RPP                       :

Nama Madrasah                 : MI Nurul Falah Jakarta

Mata Pelajaran                    : IPA

Kelas                                  : VI/I

Materi                                 :  Ciri Khusus Makhluk Hidup Dan Lingkungan Hidupnya

Alokasi Waktu                   :
Pertemuan                          : I

v   Standar Kompetensi           :

1.    Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.

v   Komptensi Dasar    :

1.1  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cecak, dan bebek) serta lingkungan hidupnya.

1.2  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya.

v   Indikator Pembelajaran:

1.    Siswa mampu menyebutkan ciri khusus hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

2.    Siswa mampu mendeskripsikan ciri khusus hewan yang ada di sekitar

3.    Siswa mampu antara ciri khusus hewan dengan lingkungan hidupnya

4.    Siswa mampu Menyebutkan ciri khusus tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

5.    Siswa mampu mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya

6.    Siswa mampu mengaitkan antara ciri khusus tumbuhan dan lingkungan hidupnya

v   Tujuan Pembelajaran          :

1.    Menyebutkan ciri khusus hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

2.    Mendeskripsikan ciri khusus hewan yang ada di sekitar

3.    Mengaitkan antara ciri khusus hewan dengan lingkungan hidupnya

4.    Menyebutkan ciri khusus tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

5.    Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya

6.    Mengaitkan antara ciri khusus tumbuhan dan lingkungan hidupnya

v    Metode Pembelajaran         :

1.    Ceramah

2.    Diskusi

3.    Tanya Jawab

4.    Praktek

v  Media Pembelajaran    :

1.    PPT

2.    Lup ( kaca pembesar)

3.    Hewan dan tumbuhan yang dilingkungan sekitar

v  Sumber Pembelajaran  :

1.    Buku Paket IPA SD/MI Kelas VI karya Sri Harsimi percetakan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo.

v  Langkah-Langkah Pembelajaran         :

1.    Pendahuluan

a.    Guru mengucapkan salam

b.    Guru mengkondisikan suasana kelas menjadi kondusif

c.    Guru mengabsen kehadiran siswa

d.   Guru memberikan apresepsi berupa soal tebakan dan memberikan reward pada yang berhasil menjawabnya.

e.    Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok

f.     Guru menjelaskan proses pembelajaran yang akan berlangsung.

2.    Inti

a.  Guru memberikan kliping gambar hewan kepada setiap kelompok dan alat peraga hewan-hewanan serta lup.

b.  Guru memberikan kesempatan siswa untuk mendiskusikan kliping dan alat peraga hewan dengan lup.

c.  Guru mempersilahkan siswa untuk mengumpulkan hasil diskusi ke depan kelas

d. Guru menjelaskan materi menggunakan ppt.

3.      Penutup

a.       Guru mengevaluasi hasil kerja siswa dan diskusikan bersama-sama di depan kelas.

b.      Guru menyimpulkan materi yang telah berlangsung dari awal sampai hasil dari permainan.

c.       Guru memberikan kesempatan siswa untuk tanya jawab dengan materi yang belum dipahami.

v  Penilian Hasil Belajar

1.    Keaktifan siswa dalam pembelajaran (tanya jawab & permainan).

2.    Ketepatan dan kebenaran siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.

 

 

Kudus, 15 Desember 2015

 

 

Mengetahui

Kepala MI Nurul Falah Jakarta                                                           Guru IPA  Kelas V

 

 

……………………………….                                                           ……………………..

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment