Ciri Khusus Makhluk Hidup Dan Lingkungannya SD PPT
mata pelajaran IPA untuk materi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungannya, silahkan didownload ppt.nya untuk memudahkan pembelajaran IPA di SD. silahkan download disini
Oleh : Siti Noor Wakhidah
Ø IDENTITAS PEMBUAT
Nama
: Siti Noor Wakhidah
Kelas
: PGMI-C
NIM
: 1310310096
Mata
Kuliah : Pembelajaran IPA MI/SD
Dosen : Miftahurrahmah, S. Pd.,
M. Si.
Ø RPP :
Nama
Madrasah : MI Nurul Falah Jakarta
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas : VI/I
Materi
: Ciri Khusus Makhluk Hidup Dan Lingkungan
Hidupnya
Alokasi Waktu :
Pertemuan : I
v Standar
Kompetensi :
1. Memahami
hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
v Komptensi
Dasar :
1.1 Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cecak, dan
bebek) serta lingkungan hidupnya.
1.2 Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan
pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya.
v Indikator
Pembelajaran:
1. Siswa
mampu menyebutkan ciri khusus hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
2. Siswa
mampu mendeskripsikan ciri khusus hewan yang ada di sekitar
3. Siswa
mampu antara ciri khusus hewan dengan lingkungan hidupnya
4. Siswa
mampu Menyebutkan ciri khusus tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
5. Siswa
mampu mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya
6. Siswa
mampu mengaitkan antara ciri khusus tumbuhan dan lingkungan hidupnya
v Tujuan
Pembelajaran :
1. Menyebutkan
ciri khusus hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
2. Mendeskripsikan
ciri khusus hewan yang ada di sekitar
3. Mengaitkan
antara ciri khusus hewan dengan lingkungan hidupnya
4. Menyebutkan
ciri khusus tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
5. Mendeskripsikan
ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya
6. Mengaitkan
antara ciri khusus tumbuhan dan lingkungan hidupnya
v Metode
Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya
Jawab
4. Praktek
v Media
Pembelajaran :
1. PPT
2. Lup
( kaca pembesar)
3. Hewan
dan tumbuhan yang dilingkungan sekitar
v Sumber
Pembelajaran :
1. Buku
Paket IPA SD/MI Kelas VI karya Sri Harsimi percetakan PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri, Solo.
v Langkah-Langkah
Pembelajaran :
1. Pendahuluan
a. Guru
mengucapkan salam
b. Guru
mengkondisikan suasana kelas menjadi kondusif
c. Guru
mengabsen kehadiran siswa
d. Guru
memberikan apresepsi berupa soal tebakan dan memberikan reward pada yang
berhasil menjawabnya.
e. Guru
membagi siswa menjadi 4 kelompok
f. Guru
menjelaskan proses pembelajaran yang akan berlangsung.
2. Inti
a. Guru
memberikan kliping gambar hewan kepada setiap kelompok dan alat peraga
hewan-hewanan serta lup.
b. Guru
memberikan kesempatan siswa untuk mendiskusikan kliping dan alat peraga hewan
dengan lup.
c. Guru
mempersilahkan siswa untuk mengumpulkan hasil diskusi ke depan kelas
d. Guru
menjelaskan materi menggunakan ppt.
3. Penutup
a. Guru
mengevaluasi hasil kerja siswa dan diskusikan bersama-sama di depan kelas.
b. Guru
menyimpulkan materi yang telah berlangsung dari awal sampai hasil dari
permainan.
c. Guru
memberikan kesempatan siswa untuk tanya jawab dengan materi yang belum
dipahami.
v Penilian
Hasil Belajar
1. Keaktifan
siswa dalam pembelajaran (tanya jawab & permainan).
2. Ketepatan
dan kebenaran siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
Kudus,
15 Desember 2015
Mengetahui
Kepala
MI Nurul Falah Jakarta Guru IPA Kelas V
………………………………. ……………………..
No comments:
Post a Comment